header 728 x 90 3

Usaha-Usaha Prospektif Tahun 2017

Usaha-Usaha Prospektif Tahun 2017-Selamat datang tahun 2017, selamat datang harapan baru ! Setiap orang pasti memiliki keinginan kehidupannya menjadi lebih baik di tahun baru dengan berbagai harapan untuk bisa terwujud. Tak terkecuali bagi kalangan pelaku UMKM yang ingin mendulang kesuksesan dalam usahanya. Namun untuk meraih sukses bagi pelaku usaha UMKM bukanlah  hal yang mudah mengingat banyak tantangan yang dihadapi dari tahun ke tahun. Di tengah banyaknya jenis usaha, di tahun 2017 ini ada beberapa usaha yang menunjukan perkembangan besar dan berpeluang meraih kesuksesan dengan berbagai strategi yang dijalankan. Jenis usaha kuliner merupakan primadona para pelaku UMKM yang tahun ini berpeluang meraih sukses mengingat makanan merupakan kebutuhan pokok sehingga usaha kuliner akan selalu berkembang setiap tahun. Kekuatan bisnis kuliner terutama karena memiliki banyak kategori mulai dari makanan berat, camilan, minuman dan bisa dikembangkan dengan berbagai inovasi yang membuat masyarakat tak bosan. Kelebihan lain dari bisnis ini adalah bisa dijalankan dengan modal kecil di bawah Rp 10 juta, karena tidak memerlukan peralatan mesin yang cukup mahal. Yang penting diperhatikan dalam bisnis ini adalah  komitmen pada kualitas produk dengan menjaga cita rasa dan pelayanan kepada konsumen. Apalagi persaingan bisnis kuliner sudah cukup ketat sehingga tantangan terbesar dalam usaha ini adalah bagaimana bisa meraup untung besar. Untuk itu diperlukan strategi antara lain menghadirkan inovasi produk karena biasanya produk dengan inovasi baru tingkat persaingannya masih belum ketat, apalagi jika inovasi baru itu sama sekali belum ada di pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui jenis variasi jenis kuliner yang ada, sehingga kita dapat menentukan inovasi jenis kuliner baru yang belum ada di pasaran. Selain itu riset juga dapat berguna untuk mengetahui harga serta kualitas rasa yang dimiliki para pesaing, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan produk. Untuk lebih membesarkan usaha, sebaiknya produk kuliner juga dilengkapi dokumen-dokumen resmi seperti izin dari Dinas Kesehatan. memiliki sertifikat halal LP-POM MUI dan merek yang sudah terdaftar di Kemenkumham.

 

Salah satunya usaha kuliner Keripik Tempe Cokleat Buluk Lupa yang tidak membutuhkan modal besar namun mampu meraih omset puluhan juta rupiah per bulan. Menurut Taufik usahanya merupakan usaha rumahan dengan modal hanya Rp 750 ribu untuk keperluan membeli peralatan sealer dengan harga Rp 229 ribu, membeli kemasan Rp 198 ribu, dan belanja bahan baku Rp 323 ribu. Peralatan produksi lainnya seperti wajan dan kompor menggunakan peralatan yang ada di dapur rumahnya. Keunikan hadir pada keripik tempe kreasi Taufik Ismail yang tak hanya bercita rasa gurih seperti keripik tempe pada umumnya tetapi ia menghadirkan balutan cokelat dan greentea bubuk pada keripik tempe buatannya. Meskipun baru memulai usaha satu tahun lalu, dengan inovasi rasa Keripik Tempe Cokelat Buluk Lupa mampu mencetak omset puluhan juta rupiah tiap bulannya. Saat ini Taufik juga belum menemukan kompetitor produk sejenis. Selain inovasi, kemasan yang menarik, tampak modern dan eye catching juga turut mendukung kesuksesan penjualan Keripik Tempe Cokelat Buluk Lupa. Dari awalnya hanya dikemas dalam kantung alumunium foil dengan sticker logo pada bagian depan bungkus kini sudah dibungkus dengan double packing berupa kantung alumunium foil dan kemasan karton full print.

Usaha kuliner unik lainnya seperti dijumpai di salah satu tempat makan di Jalan Bengawan Bandung bernama Pepo Appetite yang kini telah menghasilkan omset ratusan juta rupiah per bulan. Semula usaha ini hanya menyajikan aneka dessert unggulannya yang segar terutama varian noddle ice cream dengan cita rasa mangga dan disajikan lengkap bersama kuah susu, puding mangga, nata de coco, popping boba (biasa untuk topping minuman aneka rasa), buah peach, kepingan oreo dan dua batang wafer stik. Kini juga menyajikan menu main course yang unik dan lezat antara lain Chicken Ritz Crackers dengan kombinasi crackers, chicken baked with milk, melted cheese, daging ayam, kentang goreng dan sayuran.

Selain kuliner dengan inovasi baru, usaha kuliner yang membidik pangsa pasar karyawan maupun event yang diadakan kalangan perusahaan seperti usaha catering juga mampu meraih sukses. Peluang usaha ini juga masih cukup besar meskipun persaingan sudah semakin ketat, seiring dengan perkembangan jumlah perusahaan maupun banyaknya event yang diselenggarakan. Untuk lebih memperbesar usaha, pelaku UMKM bisa menambah variasi jasanya seperti menyediakan jasa sewa peralatan catering.


Usaha di bidang fashion juga akan berkembang baik karena pakaian juga merupakan kebutuhan utama masyarakat dan banyak kategori fashion yang bisa dijadikan peluang usaha, mulai dari pakaian pria atau wanita, pakaian muslim pria atau wanita, pakaian anak-anak dan lainnya. Untuk memulai usaha fashion, pemilik usaha bisa bekerjasama dengan pihak mitra usaha yang sudah terampil atau disebut makloon. Kerjasama dengan pihak makloon ini  bisa menekan biaya karena terbatasnya modal. Selain itu bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Usaha lain yang bisa meraih sukses di tahun 2017 berkaitan dengan penggunaan media online menurut pengamat bisnis Mada Ashari adalah dropship. Usaha ini cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil karena tidak harus membeli produk, tetapi hanya bertugas mencari konsumen dan tak perlu repot mengirim barang kepada konsumen atas nama dropshipper. Untuk menjadi dropshipper, sebaiknya perlu cermat dalam memilih produk yang akan dipromosikan dengan memilih supplier yang produknya benar-benar berkualitas dan bisa dilihat dari testimoni para konsumen. Jika produk tersebut tidak berkualitas baik dan tidak memenuhi keinginan konsumen sudah pasti akan merusak reputasi dropshipper. Di tahun 2017, bisnis berbasis media online ini sangat berkembang mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, seperti memperluas jaringan customer yang memungkinkan lebih banyak orang melihat produk pelaku usaha. Dengan sarana media online, memberikan peluang untuk calon customer berbagi dan menyebarkan penawaran-penawaran dari sebuah produk ke temannya, keluarganya yang juga akan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Apalagi jika seorang dropshipper telah memiliki banyak followers (pengikut) dalam akun bisnis dalam media sosial memungkinkan produk itu memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Usaha waralaba menurut pengamat wirausaha Bambang Wahyu Purnomo juga akan sukses berkembang di tahun 2017, dengan support yang akan diberikan pemerintah. Untuk memulai bisnis waralaba memang sangat mudah karena tak perlu repot mencari peralatan penunjang usaha maupun membuat SOP usaha, dan memiliki keuntungan dalam hal branding usaha yang sudah dikenal masyarakat. Namun calon pelaku usaha waralaba harus cermat memilih waralaba yang akan sukses dijalankan apalagi belum tentu usaha waralaba dengan nama besar menjamin untuk sukses. Menurut konsultan bisnis Djoko Kurniawan bisnis waralaba di Indonesia berkembang cukup baik. Namun masih banyak pebisnis waralaba kurang memiliki sistem yang baik sehingga merugikan franchisee-nya. Selain itu masih ada pebisnis waralaba yang hanya ingin mengambil keuntungan di awal dan tidak memiliki prinsip untuk mensukseskan franchisee-nya. Hal ini yang membuat bisnis waralaba di Indonesia tidak berkembang optimal.

Pemasaran. Untuk membuat usaha sukses perlu didukung strategi pemasaran yang baik antara lain dengan mempromosikan usaha di media cetak, media online, pameran hingga kalangan komunitas. Bagi pemula usaha bisa memulai memperkenalkan usahanya dengan sarana media memanfaatkan jejaring sosial seperti twitter, instagram, facebook, BBM maupun WA. Bagi pelaku usaha, tak hanya ingin usahanya sukses sesaat tapi juga berkelanjutan dan terus memperlebar sayap usahanya. Untuk itu pelaku usaha bisa menjalin kemitraan pihak lain misalnya dengan sistem reseller. Jika telah memiliki modal cukup untuk sewa tempat pelaku usaha bisa menggunakan konsep penjualan dengan membuka tempat usaha di lokasi strategis seperti perumahan, apartemen, kampus, sekolah hingga mall.

Agar usaha sukses juga membutuhkan standarisasi usaha yang baik, untuk itu pelaku usaha harus membuat SOP atau Standard Operating Procedure sistem keuangan, manajemen, sampai ke pelayanan pelanggan. Pembuatan SOP dapat dilakukan sendiri dan saat usaha sudah bertambah besar dan produk bertambah rumit, sebaiknya bekerja dengan profesional di bidang ini. Seperti yang telah dilakukan  Finaldo, Pemilik baju koko merek Al Husna yang menerapkan standarisasi antara lain dengan menerapkan 13 tahap quality control sampai pada tahap packing sebelum baju koko siap dikirim ke department store.

Minat pasar yang luas dan produk yang memenuhi kebutuhan pasar, sangat mempengaruhi usaha untuk bisa sukses. Pelaku usaha juga harus terus berusaha menjaga kualitas produk dan membangun brand usaha dengan penggunaan merek yang menarik, unik dan mudah diingat konsumen. Dengan mengedepankan kualitas produk, menciptakan inovasi unik dan strategi pemasaran yang tepat mampu membuat usaha berkembang baik dan bisa meraih omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

 

Belajar sb1m yuk