header 728 x 90 3

Tujuan dan Tahapan dalam Internet Marketing

Tujuan dan Tahapan dalam Internet Marketing – Selain sistem marketing tradisional, pada saat telinga kita juga semakin akrab dengan Internet marketing. Meskipun dilakukan dengan menggunakan media Internet, namun proses pemasaran tetap berketerkaitan dengan marketing secara tradisional. Internet marketing mempunyai fungsi untuk membangun serta  mempertahankan hubungan dengan para pelanggan, hal ini sesuai dengan tujuan pemasan pada umumnya. Dalam mewujudkan tujuan tersebut maka harus diketahui tahapan yang dapat mendukung terciptanya hubungan yang baik dengan pelanggan yaitu awareness, exploration dan commitment. Dalam Internet Marketing berlaku tujuh tahapan, hal ini dikenal dengan teori Seven Stage of Internet.

Tujuan dan Tahapan dalam Internet Marketing

Tujuan dan Tahapan dalam Internet Marketing

  1. Framing the Market Opportunity

Tahap Framing the Market Opportunity adalah menganalisa peluang pasar serta mengumpulkan berbagai data baik itu dari online maupun dalam sistem offline, hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sebuah peluang. Peluang pasar sendiri dapat dianalisis dengan beberapa langkah praktis, langkah pertama adalah dengan menyelidiki sebuah peluang pada sistem yang sudah berjalan atau pada sistem baru. Mengidentifikasi berbagai daerah secara luas hingga diperoleh lokasi yang tepat untuk digunakan  oleh perusahaan baru untuk dapat beroperasi dengan berbagai peluang yang dapat membuat perusahaan tersebut masuk ke pasar. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan pada masyakat yang belum terpenuhi atau yang sudah terpenuhi namun masih terdapat kekurangan, menetapkan target segmentasi para pelanggan, mengetahui kekuatan persaingan baik dalam hal keuangannya maupun teknologi yang digunakan dan langkah yang terakhir adalah melakukan penilaian Go / No atau melakukan pengambilan keputusan akhir dimana setiap peluang yang sudah dianalisa dijadikan sebagai tolak ukurnya.

  1. Formulating the Market Strategy

Tahapan selanjutnya adalah menentukan strategi pemasaran secara online, tahapan ini berlaku jika pada tahap pertama keputusan yang diambil adalah Go. Pada tahap ini diliputi oleh 3 komponen utama, yaitu melakukan identifikasi segmen pasar serta menetapkan target yang akan dituju oleh perusahaan, menetapkan target segmentasi para pelanggan dan pendekatan positioning yang didasarkan pada pilihan skenario targeting.

  1. Designing the Customer Experience

Designing the Customer Experience adalah merancang sebuah pengalaman yang akan didapatkan oleh pelanggan dari perusahaan dengan ekpektasi yang diharapkan oleh perusahaan tersebut. Untuk membangun customer experience ini, ada tiga tahapan yang diperlukan yaitu website yang dibuat dapat bekerja dengan sangat baik (Functionality), dapat memahami kebutuhan pelanggan (Intimacy) dan pelanggan akan menyebarkan mempromosikan mengenai situs perusahaan kepada orang-orang terdekatnya (Evangelism).


  1. Crafting the Customer Interface

Tahapan yang ke 4 adalah mengidentifikasi perancangan pada tampilan utama web yang akan mengimplementasikan model bisnis. Salah satu elemen yang diperlu diperhatikan adalah Context yang meliputi  tampilan grafik, warna, desain yang menarik dan navigasi. Elemen-elemen lainnya adalah Isi website atau Content, Community atau hubungan yang dijalin oleh perusahaan dengan pelanggan sehingga pelanggan tersebut tertark untuk dapat mengunjungi website tersebut lagi, Customization, Communication misalnya customer service atau instant message, Connection dan Commerce.

  1. Designing the Marketing Program

Tahapan yang selanjutnya adalah merencanakan strategi pemasaran untuk menggerakkan pelanggan dari tahap awareness ke tahap commitment dan kemudian sampai pada tahap dissolution.

  1. Leveraging Customer Information Through Technology

Banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan, melakukan analisa dan memanfaatkan informasi tentang pelanggan untuk lebih memahami serta lebih mengenal pelanggannya sehingga dapat mengetahui mengenai kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Database Marketing, Marketing Research atau Customer Relationship Management.

  1. Evaluating Marketing Program

Tahap terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh program marketing apa sudah mencapai sasaran atau tidak. Ada parameter yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari program marketing online ini salah satunya adalah Marketing Metrics Framework.

Belajar sb1m yuk