header 728 x 90 3

Tips untuk Mempersiapkan Toko Kebutuhan Merajut

Tips untuk Mempersiapkan Toko Kebutuhan Merajut – Hobi merajut kini tidak lagi identik dengan kegiatan orang tua. Penggiat kerajinan tangan ini sekarang datang dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Selain mengandalkan teknik yang tidak bisa dilakukan mesin, merajut juga menuntut kreativitas dan kesabaran Anda. Jika Anda tertarik menggeluti bidang ini atau memang sudah jadi hobi, tidak ada salahnya untuk mengembangkan produk rajutan menjadi bisnis.

Tips untuk Mempersiapkan Toko Kebutuhan Merajut

Tips untuk Mempersiapkan Toko Kebutuhan Merajut

Selain keterampilan dalam merajut, apa lagi yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha ini?

  • Lokasi untuk Menjual Produk

Meski online shop sedang menjamur, keberadaan toko offline masih dibutuhkan. Sebab, tidak semua calon konsumen Anda aktif di media sosial. Lokasi yang tepat untuk berbisnis adalah tempat-tempat ramai seperti mal atau pusat pertokoan. Agar mudah dijangkau, tentukan lokasi yang paling sering dilewati banyak orang. Jika Anda punya budget yang cukup besar, sewa atau bangun toko sendiri di pusat kota atau pinggir jalan yang padat.

  • Produk Penunjang

Selain produk rajutan yang Anda buat sendiri, sediakan juga produk-produk penunjang lainnya. Misalnya benang rajut beragam warna, jarum, hingga aksesori seperti kancing. Untuk benang rajut, prioritaskan warna yang paling sering dicari dan dipakai seperti hitam, putih, biru, merah muda, dan hijau. Di sisi lain, Anda juga harus mempersiapkan cadangan warna lain. Kemudian, pilih merek jarum yang biasanya Anda pakai saat merajut seperti Hakken dan Brein. Semakin lengkap produk penunjang, semakin banyak orang yang mengunjungi toko Anda.


  • Supplier Produk

Anda tentunya membutuhkan supplier untuk memasok produk dalam jumlah banyak. Supaya bisnis Anda berjalan lancar, jangan hanya pilih satu atau dua pemasok saja. Anda pun harus memperhatikan aspek lain seperti kualitas dan harga dari produk yang ditawarkansupplier. Contohnya, pilihlah merek benang yang sudah dikenal banyak dengan harga murah, tetapi kualitasnya bagus untuk dipakai. Tentukan jenis dari benang dan uji ketahanan warnanya, apakah tahan lama atau mudah pudar. Jika modal Anda cukup besar, Anda bisa membeli beberapa produk dari supplier impor.

  • Pelayanan di Toko

Banyak konsumen yang mengeluhkan pelayanan dari pegawai meski tokonya bagus. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kualitas dari calon pegawai yang akan direkrut. Selain memiliki keterampilan yang baik untuk melayani konsumen, Anda harus memilih orang yang cukup memahami dunia rajut-merajut. Sebab nantinya, pegawai akan mendapatkan banyak pertanyaan seputar produk dan merek yang akan mereka pakai untuk merajut.

  • Strategi Pemasaran

Anda bisa mempromosikan toko rajut tersebut kepada teman atau kerabat yang gemar merajut. Jangan lupa membuat akun media sosial untuk toko untuk memperoleh konsumen yang lebih banyak. Kemudian, Anda juga meng-endorse penggiat hobi merajut yang sudah dikenal banyak orang. Paket penjualan juga bisa menunjang penjualan produk di toko Anda. Misalnya dengan membuat paket khusus untuk pemula dengan harga yang terjangkau, supaya mereka mau membeli dan mempelajari dunia merajut.

  • Program Tambahan

Selain menjual produk, Anda bisa menggelar program tambahan seperti kelas merajut di toko. Dalam hal ini, Anda dapat mengundang klub atau komunitas merajut untuk mengisi kelas tersebut. Lantas, Anda bisa menjual kebutuhan merajut dengan harga khusus pada anggota klub tadi. Buku-buku tips merajut juga bisa dipajang di toko bagi mereka yang ingin mempelajari hobi ini. Program tambahan ini dapat menunjang penjualan dan kunjungan dari konsumen.

Belajar sb1m yuk