header 728 x 90 3

Tips Sukses Usaha Kain Perca

Tips Sukses Usaha Kain Perca – Apakah Anda suka menjahit dan mempunyai sisa kain yang tidak terpakai, atau bahkan Anda tinggal dekat dengan tetangga yang mempunyai usaha konfeksi, yang mempunyai banyak sekali sisa kain! Sebaiknya sisa kain tersebut jangan dibuang begitu saja. Limbah kain perca ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu usaha yang pastinya bernilai jual tinggi. Usaha kain perca, Anda tentu pernah mendengar usaha seperti ini, usaha seperti ini memang benar adanya dan pastinya menggunakan sisa-sisa kain yang ada. Ada banyaks ekali hal yang dapat diciptakan oleh kain perca ini, semakin kreatif Anda, maka akan semakin banyak kreasi yang dapat Anda ciptakan, seperti sprei, keset, aneka macam boneka, tatakan gelas, atau bahkan keranjang dari kain perca.

Tips Sukses Usaha Kain Perca

Tips Sukses Usaha Kain Perca

Buat produk unik

Kain perca ini dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk yang harus Anda perhatikan adalah buat produk seunik dan semenarik mungkin. Anda dapat membuat kain perca menjadi aneka macam bentuk seperti aneka macam bantal, selimut, bed cover, boneka, bros, cempal, keset, dll.

Untuk membuat produk-produk seperti ini sebaiknya perhatikan jenis bahan yang akan digunakan, sebaiknya bahan yang akan digunakan sama jenisnya, agar hasilnya cantik dan pastinya nyaman untuk digunakan. Anda juga perlu memperhatikan estetika dari kombinasi kain tersebut, agar hasilnya cantik, dan menarik untuk dilihat.

System pengemasan yang cantik

Setelah produk selesai dibuat, perhatikan juga proses pengemasan produk tersebut, bentuk pengemasan semenarik mungkin, agar orang tertarik untuk membelinya. Anda juga dapat menambahkan label nama produk Anda pada salah satu bagian produk kain perca tersebut, dengan demikian orang yang akan membeli akan tahu bahwa produk tersebut berasal dari Anda.


Tentukan segmen pasar

Berikutnya adalah tentukan segmen pasar. Aneka kerajinan dari kain perca ini pastinya akan sangat disukai oleh pada wanita dari berbagai macam usia, dan dari berbagai macam kalangan. Yang membedakan mungkin hanyalah desain dan kerapihan dari produk tersebut. Semakin baik desain produk dan semakin baik kualitas jahitan pastinya harganya akan sedikit lebih mahal, untuk itu Anda tentu hanya dapat memasarkan pada kalangan menengah ke atas.

Pemasaran

Proses pemasaran untuk saat ini tentu tidak perlu Anda pikirkan ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda tersebut, yaitu :

–          Melalui mulut ke mulut

Ini yang lebih praktis dan juga mudah untuk dilakukan. Anda dapat menawarkan produk ini pada teman-teman atau kolega Anda.

–          Media sosial

Menggunakan media sosial tentunya cara yang paling praktis, produk Anda akan lebih mudah dikenal orang. Pastinya akan semakin banyak orang yang memesan produk tersebut pada Anda.

–          Menggunakan pampflet

Teknik ini tergolong teknik lama, Anda dapat memasang pampflet di depan rumah yang menandakan bahwa Anda membuat kerajinan dari kain perca. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan utama, maka hal ini akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi Anda, jika lokasi rumah Anda tidak di jalan utama, maka akan sedikit orang yang mengetahui usaha Anda tersebut.

Harga yang bersaing

Harga yang sebaiknya ditawakan untuk priduk Anda tersebut juga sebaiknya sangat diperhatkan. Pastikan harga tersebut sesuai dengan kreatifitas yang telah Anda buat, jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah. JIka Anda kesulitan untuk menentukan harga, perhatikan hal-hal berikut ini. Pertama-tama tentukan harga kain perca tersebut, kemudian tentukan harga aneka bahan yang telah digunakan, tentukan harga kreatifitas dan juga tenaga untuk menjahit kain perca tersebut, setelah itu total semuanya dan itu adalah harga dari produk kain perca Anda.

Usaha kain perca ini memang tidak membutuhkan modal besar, hanya membutuhkan kreatifitas dan juga kesabaran yang tinggi untuk menghasilkan sebuah produk yang cantik dan berkualitas tinggi.

Belajar sb1m yuk