header 728 x 90 3

Tips Praktis Memulai Usaha Souvenir Pernikahan

Tips Praktis Memulai Usaha Souvenir Pernikahan – Selain dilatarbelakangi oleh kebutuhan dimasyarakat, sebuah bisnis juga seringkali dipengaruhi oleh suatu moment bersejarah salah satunya adalah pada sebuah acara pernikahan. Mengingat pernikahan merupakan sebuah peristiwa yang begitu istimewa sehingga tidak mengherankan jika banyak calon pengantin yang merencanakan segala sesuatunya secara matang termasuk dalam hal pemilihan souvenir. Membagi kebahagian dengan para tamu bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya dengan menyediakan souvenir pernikahan sebagai ucapan terimakasih atas kehadiran para tamu dlaam pesta pernikahan mereka. Pangsa pasar yang luas membuat bisnis yang ada hubungannya dengan peristiwa pernikahan mempunyai prospek yang menjanjikan termasuk dalam hal menjual berbagai jenis souvenir pernikahan, namun walaupun demikian bisnis ini pun tidak luput dari beberapa rintang yang bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kebangkrutan jika Anda tidak bisa mengenali dan menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Biasanya masalah yang mungkin muncul dalam bisnis souvenir pernikahan adalah ketika pesanan dibatalkan secara tiba-tiba, tentu hal ini dapat memberikan kerugian yang besar pada bisnis Anda bukan hanya dalam hal material namun juga dalam mendapatkan ide tersebut. Bukan hanya itu, hambatan juga dapat muncul dari kesulitan dalam menarik minat calon pelanggan mengingat pesain dalam bisnis ini cukup tinggi namun meskipun demikian tidak sedikit pula mereka yang sukses menjalankan bisnis souvenir pernikahan. Bagi Anda yang tertarik untuk membangun kerajaan bisnis Anda dibidang souvenir pernikahan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

Tips Praktis Memulai Usaha Souvenir Pernikahan

Tips Praktis Memulai Usaha Souvenir Pernikahan

  • Buat souvenir yang fungsional

Selain mempunyai desain yang menarik, ketertarikan dalam memilih jenis souvenir pernikahan juga dilatarbelakangi oleh fungsinya. Pada saat ini tidak sedikit pelanggan yang menginginkan jenis souvenir pernikahan yang dapat berguna bagi para tamu yang datang sehingga tidak mengerankan jika souvenir dalam bentuk kipas, tempat tissu sampai kerudung lebih banyak diminati.

  • Kreatif dan inovatif

Berbisnis di industr kreativ memang membutuhkan ide-ide baru agar tidak memproduksi karya yang berulang sehingga terkesan membosankan, selalu berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan desan baru membuat souvenir pernikahan menjadi buruan banyak orang. Menciptakan kreasi souvenir baru dari souvenir yang sudah ada membuatnya tampak unik dengan desain yang berbeda, hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat mengingat produk yang Anda jual ini tidak akan ditemui ditempat lain. Ide kreatif ini juga sangat diperlukan untuk membuat produk souvenir pernikahan dengan pola yang tidak monoton sehingga terlihat menarik.

Untuk merangsang daya kreativitas maka sebaiknya Anda memperkaya keterampilan dan pengetahuan dalam membuat souvenir ini dengan membaca buku atau dengan berselancar di dunia nternet namun hindari kemungkinan melakukan peniruan atas karya orang lain karena selain tidak menghargai hasil kreasi orang lain, hal ini juga dapat menimbulkan masalah dikemudian hari.


  • Maksimal promosi

Promosi menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis, karena sebagus apapun produk yang Anda jual namun jika promosi yang dilakukan masih kurang maka kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan pelanggan baru karena memang bisnis ini tidak banyak dikenal orang. Promosi dapat dimulai dari lingkungan terdekat Anda misalnya kerabat, teman sampai tetangga untuk menghemat biaya yang harus dilakukan promosi dapat dilakukan dari mulut kemulut sementara proses marketing yang lebih luas dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur sampai memasang iklan di media cetak ataupun elektronik serta dimedia sosial. Agar terihat menarik lengkapi proses promosi terutama yang dilakukan dimedia sosial dengan foto produk Anda serta membuat kalalog produk yang dijual.

Dalam bisnis ini proses produksi dapat dilakukan secara bertahap, Anda dapat memulai usaha ini dengan jumlah souvenir pernikahan yang terbatas, skala produksinya dapat diperbesar ketika jumlah pelanggan Anda meningkat.

Belajar sb1m yuk