header 728 x 90 3

Tips Online Marketing untuk Usaha Rumahan

Tips Online Marketing untuk Usaha Rumahan – Memulai bisnis rumahan tidaklah semudah menjentikkan jari. Ada berbagai hal yang harus dipersiakan untuk memulai usaha pribadi. Jika tidak hati-hati, semuanya akan berantakan dan berujung pada kerugian. Salah satu hal yang perlu direncanakan adalah cara mempromosikan produk-produk maupun usaha yang kamu tawarkan. Ada berbagai cara untuk mempromosikan produk yang dapat kamu pilih. Untuk mencapai sukses, kamu perlu mengkombinasikan berbagai strategi marketing.

Tips Online Marketing untuk Usaha Rumahan

Tips Online Marketing untuk Usaha Rumahan

Setiap jenis usaha membutuhkan strategi marketing khusus. Hal ini karena setiap bisnis itu unik dan memiliki karakter yang tidak sama. Pada dasarnya, berbagai strategi marketing dibagi ke dalam dua kelompok yaitu offline marketing dan online marketing. Para elaku bisnis sekarang ini tidak  dapat hanya mengkamulkan offline marketing saja. Dengan hanya mengkamulkan 1 macam model marketing, mereka tidak akan mampu memperoleh hasil yang maksimal. Mereka juga harus menerapkan online marketing.

Jika kamu berniat mengembangkan bisnis dengan online marketing namun masih belum begitu paham dengan seluk beluknya, kamu tak perlu khawatir. Berikut beberapa tips online marketing untuk bisnis rumahan.

Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah online marketing yang paling murah. Strategi ini sangat cocok untuk bisnis kecil karena relatif mudah dilakukan. Selain itu, strategi yang satu ini juga dapat menjangakau banyak orang tanpa banyak biaya. Salah satu hal yang dapat mengukur kesuksesan strategi sosial media marketing kamu adalah jumlah followers aktif. Followers aktif adalah followers yang aktif mengomentari status yang kamu post dan mengirim pesan untuk menanyakan atau memesan produk. Jika kamu memiliki ribuan followers (aktif maupun pasif), orang akan menganggap bahwa bisnismu populer dan reliabel.


Untuk menarik followers, kamu harus memposting konten yang bermanfaat dan tidak spamy. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh mempromosikan produkmu. Kamu tentu saja dapat memposting gambar kode diskon atau simbol sale sesekali. Kamu juga dapat mengadakan kontes atau kuis di akun sosial mediamu dan memberi hadiah produk atau merchandise untuk pemenangnya. Jika kamu ingin cara instan dalam memperoleh followers, kamu dapat membelinya. Ada beberapa website yang menjual followers dan likes untuk akun Facebook, Twitter, dan Instagram.

Email newsletter marketing

Email newsletter marketing juga cocok digunakan untuk bisnis dengan skala kecil. Untuk memperoleh subscriber, kamu harus bisa menarik orang untuk mendaftarkan emailnya pada website atau blog kamu. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan kode diskon bagi pengunjung web yang mendaftar. Setelah kamu berhasil mendapat subscriber, kamu dapat mulai menyebarkan kampanye marketingmu. Beberapa alternatif kampanye marketing lewat email adalah menyebarkan katalog baru, memberitahukan promosi terbaru, kontes terbaru, dan diskon khusus.

Blogging

Blogging sangat cocok untuk bisnis berbagai ukuran. Strategi ini sangat terjangkau dan tidak terlalu sulit untuk dipraktekan sehingga cocok untuk bisnis rumahan. Dengan memiliki blog, kamu dapat membangun komunitas yang nantinya dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk usaha rumahanmu. Untuk meraih sukses dalam kampanye marketing di blog mu, kamu harus mengetahui cara meningkatkan trafik blog.

SEO adalah salah satu cara untuk meningkatkat trafik blog. SEO atau search engine optimization adalah metode untuk meningkatkan visibilitas blog kamu dalam hasil situs pencarian. Strategi ini melibatkan keywords dan judul page yang ramah situs pencarian.  Dengan metode ini, blog kamu akan memperoleh banyak pengunjung blog. Agar mereka setia mengunjungi blog kamu, buatlah konten yang bermanfaat dan bermutu secara regular. Di sini, kamu juga bisa sedikit mempromosikan produkmu atau memberi link ke website bisnis rumahanmu.

Belajar sb1m yuk