header 728 x 90 3

Tips Memulai Usaha Clothing Line dengan Tepat

Tips Memulai Usaha Clothing Line dengan Tepat – Bisnis Clothing Line menjadi salah satu bidang usaha populer di Indonesia, bukan hanya dikota-kota besar tetapi juga sudah merambahkan ke daerah-daerah dengan kualitas dan desain yang tidak kalah kerennya. Salah satu kota yang terkenal dengan bisnis Clothing adalah kota Kembang Bandung, di kota yang terkenal dengan julukan ‘Paris Van Java’ ini akan banyak ditemukan distro yang umumnya menggunakan brand tersendiri.

Tips Memulai Usaha Clothing Line dengan Tepat

Tips Memulai Usaha Clothing Line dengan Tepat

Bisnis Clothing Line termasuk bisnis dengan nilai keuntungan yang sangat menggiurkan, tingginya minat masyarakat terutama pada para anak muda untuk menggunakan Clothing Line membuat bisnis ini berpeluang sangat besar. Jika Anda juga tertarik menekuni bisnis ini, maka Anda harus memiliki strategi yang akan membuat para calon konsumen tertarik menggunakan produk yang Anda tawarkan mengingat bisnis clothing ini memiliki banyak pesaing.  Berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha Clothing Line adalah :

  • Buat perencanaan bisnis

Sebelum membuka usaha clothing line, Anda perlu membuat beberapa rencana yang akan yang akan mempengaruhi langkah yang akan diambil dalam memulai usaha ini sehingga bisnis dapat berjalan secara baik dan terstuktur. Adapun hal-hal yang perlu dipikirkan adalah mengenai ketersediaan modal, strategi pemasaran, target pasar, distribusi, estimasi penjualan sampai kekuatan pesaing. Perencanaan yang matang dapat membantu Anda dalam menjalankan sebuah bisnis secara propesional dan juga menjadi lebih fokus termasuk dalam hal pengeluaran produksi. Jika diperlukan Anda dapat menggunakan jasa perencanaan bisnis yang sudah berpengalaman dan handal dibidangnya.

  • Tentukan nama brand

Seperti yang sudah dibahas diawal jika pada umumnya bisnis Clothing Line di Indonesia menggunakan brand sendiri, oleh karena itu Anda sudah harus mulai memikirkan nama distro atau merk Clothing Anda. Nama menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis sehingga tidak boleh asal-asalan, buatlah nama semenarik mungkin tentu saja nama tersebut harus sesuai dengan produk yang ditawarkan, mudah diingat, unik dan yang paling penting tidak mengundang kontropersi.


  • Beli bahan secara grosir

Membuka usaha dibidang fashion mengharuskan Anda untuk mempersiapkan segala bahan yang diperlukan untuk membuat baju dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam membeli bahan-bahan tersebut disarankan secara grosir, karena biasanya Anda akan mendapatkan potongan harga sehingga dapat memangkas biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksinya dan akan lebih murah lagi jika membelinya dalam partai besar. Untuk memperoleh keuntungan yang besar, Anda dapat melakukan survai untuk mencari tempat-tempat yang menawarkan harga yang murah namun harus tetap memperhatkan kualitas dari bahan tersebut.

  • Buat Desain Clothing

Langkah selanjutnya adalah mendesain. Desain menjadi hal yang sangat penting dari bisnis ini, mengingat hal inilah yang menjadi alasan utama seseorang memutuskan untuk membeli atau tidak produk yang Anda jual. Desain pada sebuah merk clothingan dapat bermacam-macam mulai dari yang simple sampai yang rame. Untuk membantu Anda dalam menentukan desain yang menarik dan keren maka lakukanlah riset untuk mengetahui desain yang sedang digandrungi, manfaatkan juga kecanggihan teknologi untuk mencari inspirasi dari peristiwa-peristiwa yang sedang up to date. Untuk menarik perhatian calon pelanggan, buatlah desain yang unik dan tidak pasaran sehingga terkesan eksklusif.

  • Jalin kerjasama yang baik

Menjalin kerjasama yang baik dengan rekan kerja menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis yang sedang Anda rintis. Melakukan kerjasama dengan orang lain dapat memberikan keuntungan terutama dalam hal bantuan ketika mendapatkan kesulitan.

Belajar sb1m yuk