header 728 x 90 3

Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer dengan Baik

Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer dengan Baik – Pada saat ini permintaan untuk melayani kebutuhan pesta pernikahan semakin tinggi, kesibukan membuat para calon pengantin akan sedikit kerepotan bahkan tidak mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan segala keperluan pesta pernikahannya, hingga tak sedikit pasangan yang justru disibukan dengan mencari Wedding Organizer atau WO yang profesional. Mengingat pernikahan adalah momen yang sangat penting dan tidak ingin dilupakan, maka tidak berlebihan jika timbul keinginan acara tersebut dapat terselenggara dengan baik. Kondisi ini dapat menjadi peluang usaha yang bagus.

Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer dengan Baik

Tips Memulai Bisnis Wedding Organizer dengan Baik

Sudah banyak para pengiat bisnis yang bergerak di bidang WO telah merasakan banyak keuntungan dari bisnis ini jika tahu dan dapat mengelolanya dengan sangat baik, salah satunya adalah seorang mantan aktris terkenal yang sekarang menjelma menjadi bisnis women sukses, Rina Gunawan. Saat ini nama Rina Gunawan lebih populer sebagai pengusaha di bidang Wedding dan Event Organizer, bisnis ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1992, namun baru serius digarap saat ibu dua anak ini memutuskan untuk pakum dari dunia hiburan. Bukan hanya berkutat di Wedding dan Event Organizer saja, saat ini Rina Gunawan bahkan sudah mengembangkan usahanya dengan merintis bidang Kids Organizer untuk keperluan pesta anak.

Dalam menjalankan bisnisnya, wanita yang lahir pada 28 Juni 1974 ini menyatakan bahwa kerja keras dan juga pantang menyerah menjadi kunci dari kesuksesannya. Hampir tidak mungkin sebuah bisnis akan langsung besar pada awal berdirinya, Rina bahkan sempat mengalami jatuh bangun dan buah dari kerja keras itu dapat dinikmatinya kini, bahkan bisnis ini berhasil masuk dalam deretan Wedding dan Event Organizer terbaik yang ada di Indonesia.

Secara umum kunci dari bisnis ini adalah bagaimana Anda untuk membuat masyarakat dapat mempercayakan pesta pernikahan imipiannya kepada Anda, dan caranya adalah dengan memberikan kualitas pelayanan secara optimal dengan pembagian kerja profesional. Selengkapnya berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis ini yaitu :


  • Untuk mendapatkan kepercayaan maka akan lebih baik jika Anda mempunyai sertifikasi resmi ataupun gelar bidang perencanaan sebuah event, dan akan lebih baik lagi khusus bidang wedding planner. Hal ini akan membuat usaha ini terlihat profesional.
  • Tetap prioritaskan keinginan calon pelanggan dan Anda dapat menawarkan solusi atas keinginan tersebut. Hal ini dapat membangun perasaan senang atas pelayanan yang Anda berikan.
  • Selain membangun relasi yang baik dengan calon pelanggan, Anda juga perlu membangun hubungan yang baik dengan para supplier atau vendor yang akan bekerjasama dengan Anda seperti: katering, management tempat, percetakan undangan, photo studio dan bagian-bagian pendukung lainnya termasuk dengan calon investor apabila diperlukan.
  • Membangun tim kerja yang solid dengan kualitas pelayanan yang tetap terjaga dengan baik, sehingga pelanggan pun menjadi puas dengan usaha yang sudah Anda dan tim lakukan.
  • Buat portofolio dengan konsep yang menarik, penuh dengan ketelitian dan detail.
  • Aktif dalam melakukan promosi secara online seperti dimedia sosial. Buatlah akun facebook, twitter ataupun intragram atas nama bisnis WO yang sedang Anda bangun, komunikasikan

keunggulan dan keunikan dari jasa konsultan pernikahan milik Anda yang membedakannya dengan bisnis WO yang sudah terlebih dahulu ada.  Anda juga dapat memperkenalkan bisnis ini di forum-forum online yang relevan. Lakukan juga promosi secara offline seperti penyebaran brosur, mengikuti pameran, mensponsori sebuah event yang berkaitan dengan bisnis ini dan promosi-promosi lainnya.

Belajar sb1m yuk