header 728 x 90 3

Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

Tips Memulai Bisnis di Usia Muda – Bagi Anda yang terjun ke dunia bisnis diusia muda mungkin akan memiliki rasa bangga atau justru khawatir? Mengisi masa muda dengan kegiatan positif mutlak diperlukan terutama jika hal tersebut berhubungan dengan masa depan. Ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para entrepreneur terutama bagi pembisnis pemula yang belum mempunyai cukup pengalamam, diperlu sebelum benar-benar terun di dunia bisnis. Oleh karena berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika memilih berwisausaha sebagai mata pencaharian.

Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

Modal

Layaknya sebuah bisnis pada umumnya, seorang calon pengusaha harus memiliki modal baik materil maupun inmateril, lalu dari manakah Anda mendapatkan? Bank? Sebelum melakukan peminjaman ke Bank akan lebih baik jika Anda mencari peluang lain seperti meminjam kepada teman ataupun kepada orang tua karena ada banyak sekali kriteria peminjam yang diajukan pihak bank meskipun tidak sedikit juga bank yanga akan membantu dalam pemodalan bisnis Anda. Modal yang didapatkan dari orang tua atau teman dapat dianggap sebagai pinjaman atau tawarkan opsi lain seperti tawaran untuk menjadi investor pada bisnis yang akan Anda geluti, buatlah proposal bisnis semenark mungkin sehingga mereka tertarik.

Selain dalam bentuk sejumlah uang, modal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah kejujuran. Jujur dalam menjalani bisnis menjadi modal yang tidak terhitung harganya, jagalah kepercayaan konsumen agar mereka kembali untuk membeli produk atau kembali menggunakan jasa kita.

Perkaya Wawasan

Ikutilah workshop tentang entrepenuer, biasanya biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk uang pendaftaran saja dimana kisarannya cukup terjangkau sehingga Anda yang belum mempunyai penghasilan dapat tetap mengikutinya. Dari tempat itu akan ada banyak ilmu-ilmu mengenai dunia bisnis cara memulainya dan cara mencegahnya berakhir dengan cepat dan mudah.


Selain datang ke workshop cobalah juga untuk mengunjungi pameran-pameran yang rutin diadakan untuk menarik minat berbisnis, biasanya pemerintah mengadakan pameran terutama untuk skala UKM. Di tempat itu akan kamu temui banyak jenis usaha mulai dari makanan, minuman, properti sampai jasa hal tersebut bisa menjadi reserensi dalam memilih jenis usaha yang akan Anda geluti nantinya.

Memilih Rekan Kerja

Pilih rekan kerja yang bisa diajak diskusi, usia muda masih kental dengan keegoisannya  cobalah untuk saling mengisi dengan saling menghormati pendapat satu sama lain. Jika masih terus berjalan di jalan masing-masing, maka bisnis ini pun hanya akan menunggu untuk gulung tikar saja. Akan lebih baik jika rekan kerja ini tidak menghalangi atau membatasi Anda dalam menciptakan ide-ide baru yang kemungkinan akan berguna dapam perkembangan bisnis ini bakan akan lebih baik jika mereka dapat membantu dalam mendapatkan ide-ide tersebut. Mendapatkan rekan kerja tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa dapatkannya  dari lingkaran sekitar Anda seperti teman atau saudara.

Promosi

Promosi dapat dilakukan baik secara online yaitu melalui website atau media sosial seperti facebook, twitter atau path maupun secaraoffline yaitu melalui kabar dari mulut kemulut, brosur, poyongan harga dan baliho. Sertakan pula produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam berbagai forum yang berpotensi akan mendatangkan banyak konsumen, dan untuk mengetahui pesaing Anda.

Biasanya pihak Google akan menawarkan website gratis untuk UKM, Anda dapat memanfaatkan penawaran ini untuk menghemat biaya yang harus Anda keluarkan dalam merancang website. Untuk mendapatkan pelanggan baru, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan memperkenalkan alamat situs website ini di meda sosial.

Belajar sb1m yuk