header 728 x 90 3

Tips Kelola Waktu Jualan Online

Tips Kelola Waktu Jualan Online – Merasa sedikit kesulitan dalam mengelola waktu selama berbisnis online. Pada dasarnya, praktik bisnis di internet sangatlah fleksibel alias bisa diatur kapan saja oleh pemiliknya. Namun jika dinamika kerja semakin tinggi, Anda pun harus siap dengan risiko melayani klien dari satu waktu ke waktu sehingga seolah-olah tak menyisakan jam istirahat bahkan di malam hari. Cara tersebut sangat merugikan Anda sebagai pelaku bisnis karena setiap orang butuh penyesuaian sehingga bisa mengatur energinya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan sejumlah cara untuk mengatur dan mengelola waktu yang tepat selama berbisnis online.

Tips Kelola Waktu Jualan Online

Tips Kelola Waktu Jualan Online

Jadwal Posting

Di awal-awal penerapan bisnis online, kebanyakan orang menerapkannya dengan cara yang sangat santai. Bahkan promosi bisa dilakukan sampai larut malam tergantung dari keinginan si pebisnis. Namun seiring dengan waktu, lama kelamaan kebiasaan tersebut bisa merepotkan diri sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengatur jadwal misalnya posting. Contohnya, dengan menggunakan akun FB, Anda punya jam-jam tersendiri dalam posting atau unggah foto produk. Pilihan jam pun tak bisa asal acak. Anda wajib mempelajari jam-jam utama yang biasanya ramai oleh para pengguna FB. Dengan demikian, masalah waktu dan tenaga pun bisa dikelola secara fleksibel.

Jam Layanan

Masih terkait dengan jam posting yang kita bahas di atas. Namun ini lebih spesifik pada layanan klien. Misalnya, selama melakukan posting, Anda pun pasti akan melayani klien. Mereka bisa menghubungi Anda via inbox atau kolom komentar. Dengan jam layanan yang teratur, para konsumen pun akan semakin memahami kapan saja waktu Anda online. Begitu juga sebaliknya, Anda bisa menjelaskan terlebih dahulu kepada klien mengenai jadwal pemesanan. Di luar jadwal itu, mereka akan ditanggapi pada jam aktif berikutnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba itu karena Anda bisa belajar untuk menjadi profesional yang mana akan selalu berpedoman pada pengaturan dan efisiensi waktu.

Waktu Pengiriman

Kapan saja barang pembelian akan dikirimkan? Para konsumen harus mengetahui itu sejelas-jelasnya. Anda harus selalu memberikan informasi rinci mengenai jasa ekspedisi apa saja yang digunakan untuk mengantar barang ke rumah para konsumen. Dengan menerapkan waktu, Anda juga bisa menjadi profesional. Para konsumen akan memahami itu dan kemungkinan untuk tidak mendesak-desak pengiriman barang pun bisa terhindar. Tapi Anda harus mencantumkan informasi mengenai jadwal pengiriman barang supaya tidak menyebabkan kesalahpahaman di antara para konsumen. Pastikan juga bahwa Anda akan selalu mengirimkan atau menunjukkan bukti resi pengiriman barang yang nantinya bisa langsung dicek secara online. Kepercayaan akan membantu membangun kelancaran dari bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.


Hari Libur

Jangan terlalu memforsir diri sendiri. Cari duit memang tak pernah kenal kata lelah. Tapi Anda pun harus memberikan privasi bagi diri Anda sendiri. Meski bisnis ini dikelola secara online, tapi Anda harus punya kesempatan untuk menikmati liburan. Setidaknya, sehari atau dua hari dalam sebulan. Namun dalam seminggu pun Anda seharusnya punya waktu pribadi yang tak ada kaitannya dengan bisnis tersebut. Dengan pikiran dan tenaga yang lebih segar, Anda akan bisa menjalani bisnis secara lebih baik.

Itulah beberapa tips untuk mengelola bisnis online. Anda bisa belajar banyak dari pengalaman para pengusaha online yang sukses sekaligus mencoba berbagai tantangan. Yang jelas, selalu banyak kesempatan yang menarik di dunia internet sebagai lahan bisnis potensial.

Belajar sb1m yuk