header 728 x 90 3

Tips Efektif dan Efisien Melayani Kustomer Online

Tips Efektif dan Efisien Melayani Kustomer Online – Saat bisnis online mulai berkembang, maka tingkat aktivitasnya semakin tinggi. Biasanya, model bisnis online dijalankan secara individu atau beberapa orang. Jika dikelola oleh beberapa orang, model pembagian kerjanya pun akan jadi lebih enak. Namun jika dijalankan oleh seorang saja, konsekuensinya akan lebih berat apalagi jika jumlah klien semakin banyak.

Tips Efektif dan Efisien Melayani Kustomer Online

Tips Efektif dan Efisien Melayani Kustomer Online

Contohnya adalah penjualan melalui website atau FB. Hanya dengan salah satu di antara media itu, seseorang mungkin akan mudah kelelahan dan tak mampu mengatur waktu. Sebenarnya kita bisa menerapkan cara yang efektif dan efisien untuk melayani setiap kustomer secara online. Cara ini akan membuktikan pada publik bahwa kita bisa berperan sebagai penjual profesional. Otomatis reputasi pun akan nampak lebih positif di hadapan pasar.

Atur Waktu

Anda sebaiknya belajar mengatur waktu secara tepat dalam mengelola bisnis online. Pengaturan waktu baiknya disesuaikan dengan rutinitas sehari-hari. Misalnya, Anda punya pekerjaan tetap setiap hari dalam rangkaian waktu tertentu. Intinya, jangan sampai aktivitas atau kewajiban harian Anda terbengkalai atau terusik oleh kegiatan bisnis tersebut. Memang agak berat di awal-awal. Tapi lama kelamaan Anda pasti bisa menyesuaikannya sendiri.

Pengaturan waktu dalam praktik bisnis online membutuhkan tingkat keseriusan yang tinggi. Tapi jangan lupakan bahwa Anda juga butuh waktu berisitirahat dan bersantai. Manfaatkan waktu sebenar-benarnya, karena itulah hal paling berharga selama bekerja.


Layanan Optimal

Berikan layanan optimal kepada setiap klien tanpa pandang bulu. Layanan optimal ini bisa berupa banyak hal. Awali dari sapaan yang ramah dan tidak dibuat-buat. Jika seorang klien terlalu banyak bertanya, bersabarlah karena Anda harus bersikap profesional. Memang kesabaran ada batasnya, tapi lakukan tindakan yang tegas tanpa menyalahi norma. Bagaimanapun Anda harus bisa bekerja sebagai pebisnis yang mampu menyesuaikan diri dalam setiap situasi.

Layanan optimal akan terus dijalankan dalam mekanisme bisnis online yang selalu dinamis. Anda tak pernah bisa menduga bagaimana peluang untung dan rugi yang fluktuaktif dalam sebulan. Layanan optimal juga wajib dievaluasi jika ternyata ada keluhan dari klien.

Sistem Transaksi dan Pengiriman

Supaya pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien, Anda harus menerapkan sistem transaksi dan pengiriman yang dipahami oleh klien. Misalnya begini, Anda menyediakan satu atau beberapa rekening bank untuk melayani transaksi. Setiap kali berkomunikasi dengan klien, berikan informasi yang dibutuhkan. Termasuk juga dengan ongkos pengiriman barang yang nantinya akan dikalkukasikan dengan nilai produk yang hendak dibeli. Pelayanan ini termasuk dari sistem yang bertujuan membangun kenyamanan bagi para klien.

Mekanisme pengiriman barang pun harus diperhatikan secara serius. Mulai dari pengemasan barang yang akan dipaketkan. Anda harus bisa membungkus barang yang telah dibeli dengan cara aman, praktis, dan terjamin. Berikan informasi sejelas-jelasnya tentang mekanisme pengiriman barang dan jadwal yang sudah Anda persiapkan. Kadang, ada klien yang ingin barangnya segera dikirimkan. Anda bisa mengantisipasi itu dengan memberikan informasi kapan barang pemesanan akan dikirimkan dan menggunakan jasa ekspedisi apa.

Sistem transaksi dan pengiriman merupakan faktor-faktor penting yang akan membangun profesionalisme Anda sebagai pelaku bisnis. Perhatikanlah dua faktor tersebut sebaik-baiknya. Jangan hanya bersikap kaku ketika menghadapi pembeli dan layani mereka dengan setulus hati.

Cara yang sama pun berlaku untuk setiap media sosial yang Anda gunakan, seperti FB, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Dengan mempertimbangkan kenyamanan klien, Anda pun bisa bekerja secara efektif dan efisien selama mengelola bisnis online.

Belajar sb1m yuk