header 728 x 90 3

Tips Dasar Mengenal Pasar Online

Tips Dasar Mengenal Pasar Online – Sudahkah Anda mengenal pasar online saat ini? Belajar taktik dan strategi bisnis di internet sebenarnya tak pernah bisa dilepaskan dari prinsip-prinsip konvensional pemasaran. Pada intinya, ada produk dan ada pasar. Jika tak punya pasar yang tepat, jelas produk itu tak punya peluang untuk dijual. Sementara itu, pengenalan pasar harus diawali dari cara pemetaan yang tepat dan terarah.

Dunia internet merupakan ruang virtual yang tak berbatas. Itulah keunggulan dari ruang internet yang selalu fleksibel dan kadang sulit ditebak ke mana arah pasar pada tren produk tertentu. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan mengenal dan memahami pasar online, khususnya yang baru saja terjun ke bidang tersebut. Bahkan seorang pebisnis yang berpengalaman dalam pasar konvensional pun belum tentu bisa menjalaninya dengan lancar di internet.

Tips Dasar Mengenal Pasar Online

Tips Dasar Mengenal Pasar Online

Observasi Pasar

Kita awali dari praktik observasi pasar. Cara ini merupakan dasar dari pemetaan publik di internet yang sekiranya potensial untuk dibidik sebagai konsumen. Bagaimanakan penerapannya? Misalnya kita terapkan dari cara promosi dan pemasaran menggunakan FB. Produk yang hendak Anda tawarkan adalah majalah atau buku bertemakan musik. Dengan mengerucutkan tema produk yang dijual, Anda sudah mengawalinya dengan tepat. Persoalannya, selama menggunakan FB, Anda tak bisa asal add akun yang belum tentu tertarik pada produk jualan Anda. Bisa saja akun bersangkutan menerima permintaan pertemanan Anda karena alasan yang di luar ketertarikan bisnis atau mungkin karena asal terima saja.

Solusinya, selama menjaring pasar, usahakan untuk mengenali target yang akan Anda bidik. Mudahnya dengan cara menelusuri daftar pertemanan dari salah satu akun yang punya produk sama atau sejenis dengan Anda. Cara ini tak bisa disebut mencuri konsumen atau pasar karena setiap pemilik akun di media sosial adalah setara kedudukannya. Lama kelamaan, jika teman dari akun yang Anda add itu tahu dan berminat, mereka dengan sendirinya akan mengirimkan permintaan pertemanan pada akun Anda. Saat itulah Anda bisa membangun jaringan baru untuk promosi.


Berjejaring dan Membangun Hubungan Positif

Berjejaring di internet adalah praktik yang seharusnya dibangun secara positif. Sebagai penjual, ketahuilah posisi Anda sebagai pihak yang menawarkan produk, terlepas dari orientasi lain di luar bisnis. Perlakukan seluruh pasar sebagai rekan atau kawan yang nantinya akan membangun hubungan lebih hangat dan tidak berpotensi konflik. Jangan melakukan kesalahan dengan memperlakukan akun jualan Anda seperti halnya akun pribadi. Untuk urusan pribadi, selalu gunakan akun miliki Anda sendiri. Tapi untuk kepentingan bisnis, Anda harus tetap profesional dan hanya akan menggunakan akun Anda untuk tujuan bisnis.

Keunikan dan Daya Tarik

Produk semacam apa yang akan Anda tawarkan ke pasar internet? Selalu ada pesaing yang kompetitif dengan produk-produk menarik. Artinya, Anda wajib menerapkan sistem promosi dan pemasaran yang unik dan penuh daya tarik. Cara ini memang membutuhkan kemampuan komunikasi yang interaktif dan selalu bertujuan menjaring potensi pasar sebesar-besarnya. Dengan menegaskan keunikan dan daya tarik itulah, Anda semestinya bisa menerapkan praktik bisnis online yang lebih terarah.

Butuh waktu yang agak lama untuk mengenal dan memahami pasar online. Tapi Anda harus selalu konsisten dan memberikan komitmen penuh untuk membangun jaringan pasar seluas-luasnya. Tidak ada yang mustahil dalam praktik bisnis, apalagi dalam ruang seluas dunia internet. Oleh karena itu, selalu kenali dan pahami apa yang dibutuhkan pasar khususnya di ruang internet.

Belajar sb1m yuk