header 728 x 90 3

Taktik Jitu Promosi via Instagram

Taktik Jitu Promosi via Instagram – Instagram adalah media sosial populer yang pemakaiannya mengandalkan kekuatan visual. Dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram memang punya daya tarik istimewa yang terletak pada fitur-fitur optimalisasi foto atau gambar. Di sinilah para pengguna Instagram bisa mengeksplorasi kemampuan mereka dalam membidik dan mengolah foto baik secara amatir dan profesional.

Taktik Jitu Promosi via Instagram

Taktik Jitu Promosi via Instagram

Pemakaian Instagram juga sangat efektif untuk promosi produk. Namun masih banyak orang yang cenderung kurang maksimal dalam memanfaatkan media sosial ini sebagai alat promosi. Yang lebih sering terlihat adalah kecanggungan pemakai dalam menampilkan konten-kontennya dalam Instagram. Misalnya foto yang kurang bagus atau gambar yang terpotong di bagian sampingnya.

Instagram memang menerapkan sistem pengaturan gambar otomatis jika mengambil dari sumber berbeda. Katakanlah, Anda sudah punya foto jadi dalam resolusi penuh, namun ketika diposting ke Instagram akan terpotong sendiri. Sebenarnya trik untuk mengatasinya dengan memakai fitur tambahan yang bisa diunduh dari PlayStore. Atau dengan langsung menjepret objek langsung dari menu Instagram. Dijamin hasilnya tidak akan terpotong secara otomatis karena lensa akan mengatur proporsi dari objek yang akan diambil gambarnya.

Strategi Dasar Promosi

Berhubung konsep yang digunakan dalam Instagram adalah permainan visual. Anda harus memaksimalkan fitur-fitur yang ada. Seharusnya gambar yang digunakan dalam Instagram berbeda dengan apa yang dipakai dalam media sosial lain seperti FB, Twitter, atau Website. Kalau pun sama, pastikan bahwa kualitasnya memang bagus dan layak sebagai karya visual.


Tidak harus menjadi fotografer handal kok untuk bermain Instagram. Yang penting adalah pengaturan cahaya yang tepat saat mengambil objek gambar, dan bisa dengan memanfaatkan filer yang tersedia. Namun jangan terlalu banyak menggunakan filter karena wujud asli dari produk bisa tersamarkan. Konsumen bisa saja mengajukan keluhan karena gambar di foto berbeda dengan apa yang ia terima. Lebih baik jika Anda bermain pengaturan tingkat cahaya demi hasil gambar yang maksimal. Buatlah angle atau sudut pandang yang menarik dan tidak membosankan. Kalau bisa, Anda justru membuat ciri khas tertentu seperti latar belakang objek atau watermark yang terlihat alami.

Main Hastag

Yang kerap terabaikan dalam pemakaian Instagram adalah hastag. Hastag ini fungsinya untuk menautkan topik yang ditulis dalam tanda pagar sehingga ketika orang klik di hastag itu akan tersambung dengan postingan-postingan sejenis. Parahnya lagi, seorang pemula Instagram yang baru punya sedikit follower tidak menggunakan hastag padahal tujuannya adalah menarik perhatian. Orang yang tidak mengikuti akun tersebut tak akan pernah tahu konten yang sebetulnya ia cari.

Dalam strategi promosi dengan Instagram, manfaatkan pemakaian hastag semaksimal mungkin. Tidak apa-apa jika memakai banyak hastag. Bahkan jangan peduli kalau disebut alay karena terlalu banyak hastag yang dipakai. Misalnya, kalau sedang jual baju, buatlah hastag yang terkait dengan itu sebanyak mungkin. Contohnya, #jualbaju #bajuonline #bajubaru #bajumurah #bajuinstagram, dan sebagainya.

Anda disarankan mencari tahu apa saja hastag yang kerap digunakan orang dalam topik terkait. Buatlah sebanyak-banyaknya karena kemungkinan untuk di-like, di-follow, dan bahkan dibeli akan semakin besar.

Postingan di Instagram sebaiknya dilakukan dalam jadwal yang teratur. Menyesuaikan kebiasaan dari para pemakai Instagram. Umumnya, orang mengakses Instagram saat pagi atau malam menjelang tidur. Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu tersebut. Mungkin saja Anda hendak memosting konten selama seharian penuh dan terus menerus. Hal itu tentu saja tidak masalah asalkan punya waktu dan tenaga lebih untuk melakukannya.

Belajar sb1m yuk