header 728 x 90 3

Sukses Dengan Sabar dan Terus Mencoba

Kesuksesan yang diraih Candra saat ini memang tidak didapatkan dengan mudah. Pada awal usaha produksi lulur herbal, ia kerap mengalami kegagalan dalam hal memproduksi lulur herbal dengan kualitas bagus seperti saat ini. “Produksi lulur berbahan rempah dan buah tidak terlalu banyak kendala. Namun saat saya mulai mencoba lulur dengan bahan ekstra bunga, di sana saya mulai mengalami kegagalan produksi,” kenangnya.

Baca Juga : Tekankan Image atau Branding di Awal Usaha
Berbeda dengan pengolahan bahan ekstra buah dan rempah, untuk membuat lulur dari ekstra bunga diperlukan proses yang cukup rumit. Saat itu, di awal pembuatan ekstra bunga, ia menggunakan bunga segar yang langsung digiling dan dikeringkan hingga menjadi serbuk kering. Namun ternyata hasilnya kurang bagus, karena gampang terserang jamur dan tidak memiliki daya simpan yang lama.

Sukses Dengan Sabar dan Terus Mencoba

Sukses Dengan Sabar dan Terus Mencoba

Setelah itu Candra mencoba untuk mengeringkan bunga di bawah sinar matahari sampai layu dan kering, lalu digiling hingga halus menjadi serbuk. Tetapi kegagalan kembali terulang. Hasil produk lulurnya tidak sesuai keinginan, karena meskipun memiliki daya tahan yang lama, tetapi aroma khas bunga tersebut hilang dan tidak terasa.
Dari sanalah Candra mulai belajar dan mencoba kembali proses pengolahan bunga menjadi ekstra sesuai keinginannya. Maka Candra mencoba mengeringkan bunga dengan bantuan oven. Dan dari sanalah percobaannya nerhasil. Ia mampu menghasilkan ekstra bunga yang aroma wangi khas tidak hilang, tetapi memiliki daya tahan yang lama. Masa-masa menghadapi trail and error ini memakan waktu hingga satu tahun.
Di sinilah Candra belajar, bila ingin mencapai kesuksesan, maka ia harus berani mencoba dan belajar pengalaman baru. Selain itu terus bersabar dan tidak menyerah. Karena di setiap usaha pasti ada masa di mana harus jatuh dan di mana saat bangun untuk mencapai keberhasilan. Terbukti, saat ini ia sudah mampu mengirimkan produk lulur herbal ke seleruh Indonesia, dengan perolehan omset hingga Rp. 50 juta per bulan dan keuntungan mencapai 50%.

Baca Juga : Tentukan Harga Sesuai dengan Segmentasi Pasar


Belajar sb1m yuk