header 728 x 90 3

Resiko-Resiko dalam Setiap Peluang Usaha

Resiko-Resiko dalam Setiap Peluang Usaha-Peluang usaha memanglah sangat banyak dan beragam. Namun ingat, dalam memulai dan menjalankan suatu usaha kita perlu perencanaan yang matang dan penuh perhitungan. Kita juga harus cerdik dan menyiapkan plan b plan c dan bakingan lainnya agar di saat kita menemui kendala dalam melakukan usaha tersebut kita bisa langsung menggunakan plan b yang telah kita buat.

 

Suatu usaha pastilah memiliki beberapa resiko di dalamnya. Baik usaha dalam skala yang kecil maupun yang besar pasti terdapat resiko-resiko. Nah, resiko tersebut sebaiknya mulai dipikirkan sejak akan memulai usaha. Dan pikirkan pula kemungkinan terburuk dan apa solusinya. Hal ini akan membuat kita semakin kuat saat survive usaha tersebut. Sehingga kita tidak akan mudah menyerah dan berhenti di titik itu saja.

Nah di bawah ini akan diberikan beberapa informasi mengenai resiko-resiko yang harus dipikirkan lebih dalam lagi  dalam memulai suatu usaha.

  1. Resiko Modal

Modal merupakan hal yang paling krusial saat kita akan memulai suatu usaha. Modal bisa kita dapatkan dari mana saja. Modal bisa menggunakan uang pribadi maupun pinjaman dari bank perkreditan atau lain-lain. Nah yang menjadi point penting disini adalah kita harus benar-benar memikirkan jika kita ternyata mengalami kendala dalam berusaha sehingga modal kita  belum bisa kembali. Hal inilah yang perlu di waspadai bagi para pelaku usaha yang meminjam modal untuk usaha mereka melalui bank perkreditan. Kalian juga harus memiliki perhitungan yang sesuai agar nantinya kalian dapat tetap melunasi hutang kalian apapun yang terjadi. Jangan sampai pula kalian defisit.


  1. Resiko Produk

Resiko ini biasanya seputar pada pengandaian jika produk yang kita pasarkan tidak laku. Sebelumnya kita harus memikirkan sasaran konsumen dan target pencapaian penjualan. Hal ini menghindari terjadinya resiko produk seperti produk kadaluarsa yang belum laku,dll. Maka dari itu kita harus bisa meramalkan kira-kira produk kita bagaimana di pasaran nanti.

  1. Resiko Pasar

Disinilah pentingnya riset pasar. Melalui riset pasar kita bisa mengetahui tentang bagaimana ancaman-ancaman yang  kira-kira akan menghambat kita. Riset pasar ini juga bisa kita jadikan studi banding apakah kira-kira produk kita mampu bersaing dengan produk-produk lain yang sudah ada di pasaran? Mampukah produk kita mengungguli produk lain? Melalui riset pasar, kita juga semakin mengerti tentang apa yang diinginkan oleh pasar. Bagaimana tingkat ketertarikan konsumen dengan produk tersebut dan dari situlah kita bisa menghitung prospek keberhasilannya.

  1. Resiko Tim Produksi

Tim Produksi yang dimaksudkan di sini bisa seseorang yang menjadi rekan bisnis kita, bisa pula orang – orang yang terkait dengan proses produksi kita. Untuk seseorang yang menjadi rekan bisnis kita misalnya, kita adalah produsen nah kita memiliki rekan bisnis yaitu distributor. Nah di sini kita dapat menerka bagaimana resiko dari rekan kerja tersebut. Apakah kira – kira distributor tersebut mampu memasarkan seluruh produk kita?

Nah untuk orang – orang yang terkait dengan proses produksi ini bisa meliputi pegawai dan juga rekan penanam modal. Untuk pegawai, resiko yang mungkin terjadi adalah ketidakcakapan para pegawai dalam memenuhi omset pesanan atau mungkin juga kualitas produk yang semakin menurun.

Nah itu tadi ulasan singkat mengenai beberapa resiko yang harus kalian pikirkan lagi sebelum memulai suatu usaha. Resiko – resiko di atas juga bisa di jadikan bahan pemikiran ulang mengenai pengambilan peluang usaha.

 

 

Belajar sb1m yuk