header 728 x 90 3

Ragam Kreasi Quilt Perpaduan Motif Modern-Tradisional

Salah satu pelopor machine quilting di Indonesia , untung bersih sehungga 75% berawal dari ketertarikan akan cirikhas desain yang unik dari produk quilting, membuat hari sutji pun ingin mempelajari tekhnik pembuatannya. Diakui dari ibu dua anak ini, saat itu ia tidak mengikuti khursus khusus, karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Namun untuk mengisi waktu luangnya, ia belajar secara otodidak dengan membaca buku khusus seni quilting hingga menonton video tutorialnya. Berhasil mengikuti berbagai tahapan seni quilting, ia pun mencoba membuat selimut quilting untuk sang buah hati.

Namun siapa sangka, setelah selimut quilting hingga, setelah selimut quilting pertamanya selesai dibuat, ternyata partner kerja sang suami yang asli orang fhilipina pun kepincut dengan desain quiltingnya, dan saat itu juga produk selimut wanita yang akrab disapa ari ini ditawar seharga 2 juta . “saya nggak menyangka, jika produk pertama tersebut di sukai teman suami. Dari sinilah suami saya melihat bisnis potensial usaha quilting,”terangnya.

Dari situlah ia mulai giat belajr quilting lagi dan konsisten membangun bisnis ini pun membuka farah quilt, sebagai brand usaha. Melihat potensi yang menjanjikan, tak tanggung tangung ia mengelontarkan modal awal sebesar50 juta, yang digunakan untuk membili peralatan usaha, seperti mesin quilting, cutter, alas quilting yang menarik.

Pelopor machine quilting di Indonesia. pada umumnya, produk quilting di Indonesia dibuat dengan cara manual, yakni menggunakan jahitan tangan. Hal sanada pun dilakukan ari saat pertama kali mencoba seni quilting. Namun beberapa tahun lalu, melihat potensi dan mobilitas kerja, ia pun beralih menggunakan mesin quilting merek janome denga harga Rp 26 juta.


Ragam Kreasi Quilt Perpaduan Motif Modern-Tradisional

Ragam Kreasi Quilt Perpaduan Motif Modern-Tradisional

Tidak mudah memperkenalkan produk quilting yang dibuat dengan mesin bersyarakat. Masih banyak orang yang salah berfikir, bila penggunaan mesin dalam membuat quilting lebih gampang dari pada dengan cara manual, yang membuat harganya lebih murah.”saat pameran banyak orang yang meng-underestimated saya karena menggunakan mesin quilting.namun setelah saya praktekkan, menurut mereka pengerjaannya lebih susah dari pada yang jahit manual. Karena systemnya mesin, jadi pengerjaannya harus cepat, nggak bisa mikir dulu kayak jahit manual” terangnya. Hal ini dikarenakan , untuk menciptakan hasil karya quilting dengan mesin, membuat tangan lebih pegal.

Ketertarikan menggunakan machine quilting dalam proses produksi, selain pengerjaannya lebih cepat, ia juga bisa berinovasi dalam membuat desain baru. Hal ini dikarenakan dalam mesin quilting dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti needle down, autoknot, electronic motor and control indicator benang sekoci, automatic presser poot pressure control, dan drop feed dogs

Kreasi quilting yang di buat ari, seperti dompet ,tas,tempat hand fone dan tablet , cloutch, sarung bantal, taplak meja ,dan selimut besar. diakuinya, harga jual yang ditawarkan farah quilt cukup mahal, namun hal ini di karenakan hasil produknya sangat berkualitas, mulai dari bahan baku hingga proses pengerjaannya. Untuk sebuah dompet di jual dengan harga Rp 200 ribu per pieces, taplak Rp 300-400 ribu.

Ciri khas dari produk farah quilt adalah penggunaan bahan baku berkualitas dengan pengerjaan quilting yagn rapi dan indah. Damal hal pemilihan warna, ia dalam pelilihan warna, ia memiliki katrgori, yakni kategori happy color yang menggunakan warna-warna cerah dengan motif abstrak dan kategori modern vintage yang memadukan pengerjaan modern quilt, namun dengan sentuhan tradisional, misalnya dengan menggunakan kain khas atau gambar desain tradisional.

Produk yang detail dan rapi, menjadi ciri khas utama dari farah quilt. Rak mengherankan bila ari memang terus memperhatikan kedetilan masing-masing produknya, mulai dari pemilihan bahan baku, warna, dan motif

Belajar sb1m yuk