header 728 x 90 3

Pentingnya Mengenal Jenis-jenis Katun untuk Anda yang Ingin Produksi Kaos Sendiri

Pentingnya Mengenal Jenis-jenis Katun untuk Anda yang Ingin Produksi Kaos Sendiri-Membeli baju yang super canggih dan keren? Namun sayang mengeluarkan uang yang sudah didapatkan dengan susah payah? Atau ingin membuat baju yang memiliki hasil yang lebih optimal dan sempurna, dengan budget yang murah bisa disiasati dengan membuat baju sendiri. Berbicara ingin membuat baju, ada jenis-jenis katun yang perlu diperhatikan. Banyaknya pilihan kain yang ada, akan menghasilkan olahan baju yang berbeda pula. Salah memilih jenis kain akan mempengaruhi hasil akhirnya. Berikut adalah beberapa jenis kain katun.

Kain Katun

Kain jenis ini terbuat dari serat kapas, bentuknya hampir mirip dengan kain PE. Masih bingung? Mungkin jika penulis sebutkan kain katun adalah kain rajut, barangkali anda tahu maksud saya. Jenis kain ini tidak mudah kusut saat dicuci, warna yang melekat juga langsung terserap oleh serat, sehingga tidak mudah luntur. Cocok digunakan untuk baju sablonan, jadi, jika ingin membuat usaha sablon, pastikan untuk menggunakan jenis kaos yang terbuat dari katun.

Baju olahraga dan baju yang tepat untuk daerah tropis dan panas juga kebanyakan terbuat dari bahan katun. Serat yang terbuat dari katun ini berfungsi untuk menyerap keringat. Nah, saat menggunakan jenis baju ini, pastikan untuk tidak menggunakan baju katun yang berwarna hitam. Baju yang berwarna hitam akan menyerap panas lebih besar.


Katun Kombed

Masih awam soal jenis-jenis katun? Jangan asal beli sembarang katun. Perhatikan dulu, baju yang ingin dibuat jenis apa. Jenis katun kombed memiliki tekstur lebih halus dan tidak berserabut atau berbulu. Jika ingin menggunakan kain ini, setidaknya terdapat dua jenis ukuran, yaitu ukuran 20’s dan 30’s. kelebihan dari jenis kombed 20’s lebih tebal dibandingkan dengan kombed ukuran 30’s. Sedangkan kelebihan dari kombed 30’s memiliki tekstur yang lebih halus.

Katun Karded

Katun kombed adalah jenis-jenis katun yang selama proses finishing disisir terlebih dahulu agar lebih halus. Sebaliknya dengan katun Karded, yang tidak perlu disisir. Jenis katun pun menjadi berserat. Karena desain ini dibuat dengan serat, maka harga yang ditawarkan juga lebih murah. Inilah keunggulan dari jenis kain ini.

Lacoste

Ingin membuat baju seragam yang easy going dan santai? Membuat seragam dengan desain baju yang lebih meremaja dan nge-tren. Kain jenis Lacoste bisa menjadi salah satu pilihan katun yang bisa kamu pilih. Lacoste memang bahan yang cocok dibuat dengan desain dan model kaos, baik kaos berkerah maupun non kerah.

Kain Polyester

Kain yang dibandrol dengan harga murah. Polyester terbuat dari benang polyester, dengan ketebalan yang bisa dibilang lebih tipis. Terbuat dari bahan kaos, hanya saja kain ini membutuhkan perawatan ekstra karena mudah kusut, mudah luntur dan jika terlalu sering dicuci akan berserabut.

Light Weight Wools

Jenis kain ini hampir mirip dengan kain wol. Terlihat mengembang besar, namun memiliki berat yang ringan. Jika dibuat sebagai slayer terasa lebih hangat. Kain ini juga cocok dibuat untuk rompi transparan dipadupadankan dengan baju lain.

Kain Cashmere

Kain cashmere adalah jenis kain yang memiliki harga paling mahal dan berkualitas bagus. Perawatan yang dilakukan dengan ekstra, saat mencuci tidak menggunakan detergen, melainkan menggunakan sampo. Kain yang semakin sering dicuci, semakin halus dan licin adalah kain cashmere.

Banyak jenis-jenis katun yang belum dikupas habis di sini. Di lain waktu dan di lain hari akan dibahas lebih lanjut. Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat.

 

meta des; Jenis-jenis katun penting diketahui bagi Anda yang ingin memproduksi kaos sendiri. Ini dia jenis-jenis katun untuk kaos.

Belajar sb1m yuk