header 728 x 90 3

Peluang Usaha Pertanian dengan Ide Modern

Peluang Usaha Pertanian dengan Ide Modern-Indonesia merupakan negara agraria atau disebut dengan negara pertanian yang besar, dan juga bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi sebagian besar masyarakat indonesia yang memiliki pekerjaan sebagai petani dengan lahan pertanian yang luas di pulau jawa, sumatera, kalimantan, dan pulau lainnya.. Pertanian di Indonesia sangat beragam, seperti tembakau, padi, jagung, minyak sawit dan lain sebagainya.
Namun, di era modern ini masyarakat harus mulai mutar otak dalam menciptakan peluang usaha dalam pertanian dengan pesatnya teknologi dan modernisasi gaya bertani yang semakin beragam penggunaannya, hal tersebut terjadi agar pertanian dapat menguntungkan dan menghasilkan sehingga dapat menunjang pendapatan hidup, agar hasil pertaniannya tidak hanya sebagai konsumsi petani saja. Pengaruh modernisasi pada pertanian harus diupayakan dalam menunjang pola bertani bagi masyarakat.

 

Menjadikan pertanian sebagai peluang usaha di negara agraris adalah hal yang luar biasa dalam ide dan berpotensi untuk dikembangkan di indonesia.

Nah, bagaimana hal tersebut bisa dilakukan di era modern ini?, berikut berbagai peluang usaha pertanian modern yang menjanjikan.

 

Peluang Usaha Bibit Pertanian


Sebagian besar dari kita hanya ingin membeli hasil dari pertanian, tanpa memikirkan cara membuat bibit. Nah, peluang usaha ini dapat membuat kita menjadi sumber bercocok tanam.. Usaha ini memang tidak semua orang bisa, namun dengan keahlian dan tata cara pembuatan bibit, maka kita akan di lirik oleh para petani-petani dan masyarakat lainnya untuk membuat inovasi ide kreatif tentang pertanian.

Usaha bibit ini dibutuhkan ketekunan dan kerja keras dalam merawat bibit, namun timbal balik dari usaha ini adalah sebuah kebutuhan penting dalam bertani, baik bertani tingkat bawah, tengah, dan atas. Sehingga akan membuat konsumen pasar kita menjadi banyak dan luas.

Membuat bibit unggul dan berkualitas adalah hal penting selain pentingnya pemasaran atau promosi yang gencar dilakukan.

 

Menjadi konsultan pertanian

Usaha ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang pertanian seperti dalam perkuliahan, pelatihan, dan lain sebagainya, sebab ini merupakan corong masyarakat berpikir maju dalam bertani. Tidak banyak lembaga atau pemerintah dapat menjangkau masyarakat dalam menunjang pola pikir petani pada usaha pertaniannya.

Menjadi konsultan pertanian sangatlah bermanfaat, sebab akan menjadi titik perubahan pada kualitas dan kuantitas produk. Selain itu, kita juga mendapatkan hasil dan jalan ini terbuka lebar untuk dijalankan ditengah tengah proses kemajuan pertanian di indonesia.

Jasa Pemasaran Produk Pertanian

Kesadaran untuk mendapatkan konsumen atau pasar untuk membuat produk laku dan terkenal sangatlah sedikit, sebab pemasaran adalah titik point penting dalam usaha pertanian. Hal ini membutuhkan keterampilan komunikasi dan berjejaring yang baik dalam pribadi kita.

Disamping membuat peluang usaha dalam hal jasa Pemasaran, kita juga dapat mejadi aktor ekspor atau impor produk pertanian yang kita kerjakan. Sehingga kita mendapat keuntungan double, dengan mempunyai banyak sumber komunikasi, jenis pasar pertanian, dan teknik komunikasi yang mendapat kepercayaan dari konsumennya.

 

Menyediakan Alat dan Bahan Pertanian

Usaha ini adalah usaha paling banyak dibutuhkan jasanya oleh para petani, sebab alat atau tekhnologi pertanian sangatlah penting dalam bertani. Banyak orang berpikiran usaha ini membutuhkan modal besar, hal tersebut tidaklah benar. Mulailah dari hal kecil atau menjadi penyedia atau resseller penjualan alat dengan modal komunikasi dan meyakinkan petani untuk menggunakan jasa membeli alat pertanian kepada kita. Intinya jadilah reseller terlebih dahulu. Dengan menyediakan data alat-alat kebutuhan bertani.

Begitupun dengan bahan pertanian seperti pupuk, menjadikan petani sebagai partner adalah jalan utama menjalani usaha ini, apalagi petani yang mempunyai kebutuhan pupuk yang banyak lebih dari 1 kg. Pupuk bisa kita buat sendiri dengan keahlian mengetahui kebutuhan gizi tanaman. Peluang usaha ini sangat menjanjikan dan menguntungkan.

 

Belajar sb1m yuk