header 728 x 90 3

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik – Kepedulian masyarakat pada kesehatan yang semakin tinggi turut membuat pola hidup mereka pun perlahan berubah terutama dalam hal asupan makanan. Banyak gaya hidup baru yang berkembang dikalangan masyarakat dan pada saat ini yang begitu populer adalah mengkonsumsi tanaman hidroponik. Hal inilah yang melatar belakangi semakin menjamurnya bercocok tanam hidroponik.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Hidroponik? Hidroponik merupakan metode pembudidayaan tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan media tanam tanah, hal ini membuat proses panen pada tanaman dapat dilakukan pada semua musim karena pergantian cuaca ini tidak banyak berpengaruh. Hidroponik lebih mengedepankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Baiknya kualitas nutrisi pada tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik disebabkan tanaman akan mendapatkan nutrisi dari air dengan aliran yang sedikit serta efisien. Penggunaan air dan tidak menyentuh tanah membuat tanaman hidroponik dinilai lebih higienis.

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik

Budidaya tanaman Hidroponik termasuk yang sangat mudah untuk dikembangkan, Ada beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidakan secara hidroponik diantaranya adalah cabai, tomat, sawi, selada air, seladah, timun dan sayuran hijau lainnya. Cabai termasuk salah satu yang banyak dibudidayakan, hal ini karena cabai termasuk yang tinggi peminatnya.  Prospek yang bagus ditunjang dengan cara produksi yang mudah membuat bisnis ini begitu diminati, peluang ini pun turut dimanfaatkan oleh Evita Putri. Melalui Pelangi Flora yang sudah berdiri pada pada 2012, Evita juga menawarkan beragam bibit tanaman hidroponik, media serta peralatan yang digunakan.  Ada beberapa alasan yang menyebabkan bisnis tanaman Hidroponik dapat menjadi pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan diantaranya adalah :

  • Modal yang diperlukan kecil

Sudah menjadi keharusan jika untuk memulai sebuah bisnis diperlukan ketersediaan modal yang cukup besar, namun berbeda jika Anda memilih berbisnis tanaman Hidroponik yang bisa berjalan meskipun dengan modal yang relatif kecil. Anda hanya perlu mengeluarkan beberapa rupiah saja untuk membeli bibit dan berbagai perlengkapannya.Untuk mengurangi pengeluaran, Anda juga dapat menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai yang digunakan untuk tempat untuk budidaya Hidroponik itu sendiri seperti toples, gelas, ember dan benda-benda lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan disekitar Anda. Jika wadah-wadah yang digunakan bening maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli plastik, aluminium foil ataupun cat untuk melapisi wadah tersebut untuk meminamalisir tumbuhnya lumut.


  • Dapat dikembangkan dilahan yang terbatas

Ketersediaan lahan pertanian yang semakin menyempit terutama di kota-kota besar, membuat bisnis ini juga memberikan keuntungan lain, Anda bahkan dapat membudidayakan tanaman Hidroponik dengan hanya memanfaatkan lahan yang sempit sekalipun. Sebagai media budidaya Anda dapat menggunakan wadah-wadah yang mudah ada disekitar Anda, dalam hal ini ukuran dari wadah yang digunakan karena harus disesuaikan dengan ukuran tanaman yang dibudidayakan. Dalam hal penempatannya cukup mudah, Anda dapat dengan leluasa menempatkannya di mana saja.

  • Tidak menggunakan pestisida

Salah satu alasan yang membuat tanaman hidroponik begitu digemari masrakat adalah karena dalam prosesnya tidak menggunakan pestisida. Pestisida tidak dibutuhkan lagi dalam proses pengembangan tanaman hidroponik, hal ini dikarenakan metode hidroponik memprioritaskan kebutuhan nutrisi tanaman, dan juga jika tanaman yang budidaya dengan sistem Hidroponik dapat dikelola dengan baik.

Walaupun bukan metode yang baru, namun karena cara budidaya yang berbeda dengan budidaya tanaman pada umumnya maka Anda harus terus belajar untuk mengetahui cara menamam tanaman Hidroponik dengan tepat sehingga dihasilkan tanaman dengan kualitas yang baik. Bercocok tanam Hidroponik membutuhkan ketekunan dan juga ketelatenan.  Demikianlah informasi mengenai peluang bisnis tanaman hidroponik semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba.

Belajar sb1m yuk