header 728 x 90 3

Optimalisasi Marketing: Konsep Katalog Online

Optimalisasi Marketing: Konsep Katalog Online – Katalog merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Dahulu, katalog cuma bisa diperoleh langsung di toko atau didistribusikan dalam bentuk cetak. Kini, dengan praktik bisnis online, setiap orang bisa langsung mengakses katalog baik dalam bentuk cetak atau digital. Tentu saja pilihan kedua dirasa lebih tepat karena bisa menghemat anggaran bagi pelaku bisnis.

Optimalisasi Marketing Konsep Katalog Online

Optimalisasi Marketing Konsep Katalog Online

Penggunaan katalog akan membantu mengoptimalkan praktik marketing. Anda tak bisa menyangkal hal itu karena banyak sekali konsumen yang sebenarnya ingin tahu produk apa saja yang ditawarkan oleh penjual. Dalam praktiknya, katalog online biasanya ditempatkan dalam sebuah website yang bisa diakses langsung atau diunduh dalam versi PDF.

Bagaimana dengan akun media sosial? Akun media sosial otomatis menjadi katalog itu sendiri. Contoh paling konkrit adalah FB. Inilah media sosial yang menyediakan beragam fitur penting dan sangat efektif untuk menunjang praktik bisnis Anda. Katalog dari FB pun sangat efektif karena orang bisa langsung mengakses di album foto yang bersangkutan. Untuk memudahkan bagaimana cara membuat katalog yang tepat, kita bisa menggunakan contoh sebagai berikut:

Misalnya produk yang ditawarkan adalah buku. Nah, dalam album foto, kita bisa membuatnya dalam beberapa pilihan. Contohnya adalah Album Sastra/Fiksi, Kajian Sejarah/Budaya, Komik, Majalah, dan sebagainya. Tapi pastikan dulu bahwa stok yang Anda miliki memang cukup alias memadai. Pembuatan katalog dalam FB sebenarnya sangat mudah dan praktis, namun akan selalu membutuhkan ketelatenan bagi si pengelola.


Selain itu, pastikan bahwa katalog akan selalu terupdate informasinya. Contohnya, ketika ada produk yang sudah laku, maka Anda harus memberikan informasi pada album tersebut. Apalagi jika stoknya sudah habis, maka fotonya harus dihapus. Jangan sampai memberikan harapan palsu kepada para calon pembeli yang pada awalnya merasa sudah menemukan produk yang dibutuhkan, namun ternyata tidak ada. Oleh sebab itu, jika barang yang ditawarkan stoknya banyak dan beragam, Anda harus selalu memantaunya dalam catatan. Hal ini sangatlah penting karena tidak setiap orang punya ketelatenan dalam memperlakukan akun media sosial mereka.

Sudah pasti bahwa Anda harus selalu memperbarui informasi seperti menambah foto dalam katalog. Jika ada beberapa barang baru yang siap dipasarkan, pasang langsung pada album katalog tersebut. Cara ini terkesan sederhana dan tidak ribet. Namun tidak setiap orang bisa melakukannya secara tepat dan masih banyak terjadi kejanggalan akibat malas atau faktor lainnya.

Bagaimana dengan versi katalog online di website? Hal-hal yang sama tentu saja harus dipraktikkan. Ini terkait mengenai sistem pelayanan yang selalu aktual dan memberikan kemudahan bagi setiap pengakses situs. Lebih baik jika selalu mengatur jadwal untuk katalog baru. Jika stoknya cenderung terbatas, Anda bisa menerapkan strategi lain yang mirip dengan album katalog FB. Alih-alih membuat versi PDF, Anda bisa langsung mengunggahnya dalam galeri website. Cara inilah yang kemudian sering dipilih karena berfungsi secara interaktif kepada setiap orang. Transaksi juga bisa langsung dilakukan dengan klik produk yang dicantumkan dalam katalog.

Pastikan juga bahwa konten dalam katalog itu memenuhi standar. Misalnya foto yang jelas dan benar-benar asli milik Anda. Jangan mengeditnya secara berlebihan dan upayakan supaya foto yang diambil adalah natural. Dengan demikian, para pengunjung pun akan semakin percaya dan tidak merasa tertipu setelah membeli produk dagangan Anda di dunia maya. Nah, demikianlah beberapa hal penting terkait dengan pembuatan katalog online.

Belajar sb1m yuk