header 728 x 90 3

Menjadi Penjual Online Profesional

Menjadi Penjual Online Profesional – Menjadi seorang penjual online profesional berarti harus siap untuk bekerja selama dua puluh empat jam dengan cara yang fleksibel. Maksudnya, Anda tidak benar-benar bekerja selama seharian penuh secara terus menerus. Namun dalam rentang waktu itulah, Anda harus selalu siap untuk melayani kustomer yang kadang tak bisa diduga kapan datangnya. Banyak orang yang sangat berminat untuk menjadi seorang pebisnis online karena bisa dijalankan di rumah atau sambil mengerjakan aktivitas rutinnya. Tetapi pekerjaan ini bukanlah kegiatan yang bisa disepelekan atau dikesampingkan begitu saja. Pasalnya, reputasi sebagai penjual akan menjadi taruhan dan kepercayaan pada kustomer pun bisa menurun jika tak dilayani secara tepat.

Menjadi Penjual Online Profesional

Menjadi Penjual Online Profesional

Mulai dari Produk

Produk seperti apakah yang bisa Anda jadikan komoditas dalam bisnis online? Jawabannya tak terhitung dan akan kembali pada kemampuan Anda dalam memahami produk tersebut. Biasanya yang kerap jadi produk favorit adalah pakaian. Baik dari ibu rumah tangga hingga anak-anak muda memilih jenis produk ini karena pangsa pasarnya yang jelas dan kerap menghasilkan peluang tinggi. Namun semisal Anda sendiri tak akrab dengan produk itu, risiko kerugian bisa mengancam. Kalau memang berminat pada produk pakaian, pastikan bahwa Anda belajar dasar-dasarnya dan selalu mengaktualisi informasi dan pengetahuan terbaru.

Harga

Mungkin Anda berpikir sebagai seorang pemula dalam bisnis online, Anda bisa menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dari rata-rata penjual. Tapi apakah cara demikian akan menjamin kesuksesan Anda? Belum tentu. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau Anda sendiri yang akan menanggung kerugian berlipat. Sederhananya, harga yang lebih murah akan menurunkan keuntungan Anda. Bahkan untuk balik modal pun sangat sulit. Sementara itu, orang cenderung akan meragukan produk yang sedang Anda jual karena harganya yang terlalu murah.

Menjadi penjual online profesional yang dipercayai oleh para kustomer bukan sekadar urusan memasang harga rendah. Pertama-tama, rebutlah kepercayaan mereka dengan menjamin bahwa produk yang sedang Anda jual itu memang berkualitas. Asalkan mereka sudah bisa diyakinkan mengenai mutu produk yang Anda tawarkan, bisnis Anda akan tetap aman.


Manajemen Waktu

Di atas sudah sempat disinggung mengenai waktu yang fleksibel sebagai seorang penjual online. Bagaimanakah praktik nyatanya? Ingatlah bahwa menjalani bisnis online tidak akan pernah terpaut pada waktu. Mulai dari pagi hari hingga pagi hari esoknya, Anda bisa jadi tak mendapatkan satu kustomer pun. Jangan khawatir dulu. Situasi tersebut sangatlah wajar terutama bagi seorang penjual pemula. Apalagi jika produknya sangat umum dan harus bersaing dengan banyak pihak. Namun sekali Anda memperoleh order, pusatkan perhatian untuk langsung mengurusnya saat itu juga. Mulai dari rekap harga plus biaya ongkir, hingga ke pengemasannya. Bahkan jika dalam waktu bersamaan Anda mendapatkan banyak order, segera tuntaskan dan berikan pelayanan secara optimal.

Pengemasan Barang

Cara pengemasan barang pun akan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kepercayaan kustomer. Jika produk yang akan Anda kirimkan dibungkus dalam kemasan semrawut, pembeli akan merasa sedikit kecewa dan kurang percaya. Memang ada sebagian pembeli yang tak terlalu peduli dengan itu. Tapi hal profesional selalu diawali dari langkah-langkah kecil seperti cara pengemasan barang.

Seiring dengan berkembangnya bisnis yang dijalani, Anda bisa mengatur jadwal untuk pengiriman barang. Misalnya dalam seminggu, Anda mengirimkan paket di hari apa saja. Jelaskan dalam informasi yang bisa dibaca dan dipahami oleh setiap kustomer. Hal itu akan meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang penjual online profesional.

Belajar sb1m yuk