header 728 x 90 3

Mengintip Peluang Bisnis Usaha Bambu

Mengintip Peluang Bisnis Usaha Bambu – Apa yang terbersit di benak Anda ketika melihat bambu? Mungkin hanya tumpukan bambu yang dapat digunakan untuk salah satu material bangunan, atau mungkin kursi atau meja dari bambu. Tapi apakah hanya itu kerajinan yang dapat dibuat dari bambu? Sebetulnya ada banyak sekali peluang usaha bambu, ada banyak sekali kearjinan yang dapat dibuat dari bambu.

Mengintip Peluang Bisnis Usaha Bambu

Mengintip Peluang Bisnis Usaha Bambu

Kreatif

Kreatif adalah kata kunci utama untuk sukses dalam industri ini. Jika Anda kreatif, maka dari sebatang bambu akan menghasilkan berbagai macam kreasi, yang pastinya bernilai jual tinggi. Yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat sebuah kreasi dari bambu ini adalah estetika dari bambu, dan fungsi dari bambu itu sendiri. Seperti diketahu bersama bambu terdiri atas berbagai macam jenis, ada yang disebut dengan bambu gombong, bambu hitam, dll. Setiap bambu mempunyai keunikannya masing-masing, ada yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Jika Anda jeli, ini akan menguntungkan Anda.

–          Furniture

Ada berbabagi macam furniture yang dapat dibuat dari bambu, seperti kursi dan meja ruang tamu atau ruang keluarga, meja dan kursi ruang makan, balai-balai, lemari pakaian, rak buku, dll.


–          Perlengkapan rumah tangga

Untuk perlengkapan rumah tangga Anda dapat membuat aneka macam kerajinan seperti nampan, tudung saji, keranjang pakaian, cangkir, teko, sendok, sendok sayur, dll.

–          Kerajinan unik

Anda juga dapat membuat berbagai macam kerajinan unik, seperti kotak perhiasan, undangan pernikahan, gantungan kunci, dll.

–          Hiasan rumah

Atau Anda juga dapat membuat berbagai macam hiasan rumah, seperti asbak, tempat pinsil, tempat botol anggur, tempat ponsel, pigura foto, fas bunga, miniature gerobak makanan, miniature mobil, dll.

Lihat peluang pasar

Jika Anda kreatif, Anda tidak perlu khawatir akan peluang pasar. Peluang pasar akan selalu terbuka lebar, untuk siapa saja yang kreatif. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memasarkan secara online. Saat ini ada banyak sekali toko online dan juga berbagai macam sosial media. Anda dapat menggunakan media tersebut untuk mempromosikan dan memberitahukan pada masyarakat umum tentang produk yang sedang Anda buat saat ini. Jika produk Anda bagus, tidak ada salahnya jika mencoba untuk menjual dalam skala internasional. Tidak banyak orang yang menggeluti usaha seperti ini, jika usaha ini digeluti dengan baik, dan memanagenya dengan baik, bukan tidak mungkin usaha ini akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Yang harus Anda perhatikan untuk masalah segmen pasar ini adalah untuk siapa produk ini akan dipasarkan. Produk-produk seperti ini biasanya banyak digemari oleh kalangan menengah ke atas, dan juga beberapa negara asing. Semakin menarik dan unik, produk yang Anda buat,  menjadi keunggulan tersendiri untuk Anda.

Produk berkualitas

Untuk dapat menarik para pelanggan Anda juga harus membaut produk yang berkualitas, ini juga salah  satu bentuk layanan untuk para konsumen. Perhatikan dengan baik, detal produk yang tengah dibuat, perhatikan juga bagaimana ikatan antar produk tersebut, perhatikan estetika dari produk yang sedang dibuat, dll. Ini akan membaut para konsumen tertarik dan akan menjadi langganan tetap Anda.

Perhatikan juga kualitas bambu yang akan digunakan, sebaiknya gunakan yang sudah tua, dan sebaiknya sudah menggunakan pengawet, agar tidak mudah dimakan rayap. Karena rayap adalah salah satu binatang paling sering memakan kerajinan ini. Untuk membuat produk ini semakin menarik, Anda dapat menggunakan aneka macam pernis dengan warna senada dengan bambu atau Anda dapat menggunakan teknik membakar beberapa bagian bambu, teknik ini akan menghasilkan seni tersendiri yang pastinya akan membuat nilai jual menjadi lebih tinggi. Untuk dapat menjalankan usaha bambu ini ada 2 hal yang harus Anda jaga dengan baik, yaitu mengetahui kualitas dari bambu dan pengerajin yang kreatif.

Belajar sb1m yuk