header 728 x 90 3

Mau Sukses Promosi di Blog? Ini Tipsnya

Mau Sukses Promosi di Blog? Ini Tipsnya – Sebenarnya apa sih bedanya pakai blog dan website selama menjalankan bisnis? Secara umum tidak ada bedanya, karena dua-duanya mengandalkan praktik bisnis dengan konsep toko online. Yang paling kentara perbedaannya adalah pada penggunaan domain dan tipe dari sistem navigasi dari blog atau website tersebut. Kebanyakan penjual online yang menggunakan blog dianggap kurang meyakinkan. Padahal anggapan tersebut sangat salah, dan cenderung sembrono. Buktinya, banyak sekali pelaku bisnis online yang justru sangat sukses meski hanya mengandalkan blog gratisan. Nah, supaya sukses menjalankan bisnis online dengan blog, tentu saja ada sejumlah kiat khusus yang bisa dicoba.

Mau Sukses Promosi di Blog Ini Tipsnya

Mau Sukses Promosi di Blog Ini Tipsnya

Tampilan dan Gaya Desain

Nyaris setiap pengguna internet akan memusatkan perhatian mereka pada sebuah tampilan atau desain blog/website. Jadi, buatlah desain yang menarik dan tidak terlihat membosankan. Tidak butuh ketrampilan khusus untuk membuat desain blog yang bagus karena rata-rata template yang disediakan pun sangat bagus. Cuma butuh sedikit waktu untuk menelusuri pilihan-pilihan serta memadukan warna dan tata letak ideal.

Selain itu, usahakan untuk membuat logo atau simbol sendiri dari nama blog bisnis tersebut. Orisinalitas adalah faktor penting yang akan membangun reputasi sebagai pelaku bisnis online. Dengan demikian, masyarakat pengguna internet pun setidaknya bisa percaya pada bisnis yang sedang dikelola tersebut.

Konten Bermanfaat

Jika memungkinkan, jangan hanya mengunggah dan menampilkan konten-konten produk. Justru di situlah keunggulan blog atau website sebagai sebuah media online yang bisa mewadahi banyak konten. Mungkin setiap berapa hari sekali Anda bisa mengunggah artikel bermanfaat yang terkait dengan produk yang dijual. Buatlah artikel atau konten yang unik, informatif, inspiratif, dan sekaligus bermanfaat jika dibagikan ke masyarakat pengguna internet. Itulah nilai lebih yang sekaligus akan memaksimalkan peran promosi produk Anda di internet.


Konten bermanfaat akan membantu mendongkrak penjualan produk karena otomatis orang akan penasaran dengan apa yang sedang ditawarkan sekalin dari konten tersebut. Kesempatan membuka jaringan bisnis yang lebih luas pun akan lebih besar.

Fitur Transaksi

Meski blog gratisan cenderung terbatas dalam fitur, namun kita masih bisa memanfaatkan setiap fungsinya secara maksimal. Termasuk pemakaian fitur transaksi yang dibuat dengan menggunakan page atau halaman di blog tersebut. Kalau tak ingin ribet bisa dengan mencantumkan keterangan atau prosedur transaksi pemesanan sejelas-jelasnya. Mulai dari metode pemesanan via SMS, Whatsapp, BBM, dan sebagainya. Selain itu, cantumkan juga informasi ke mana transaksi akan ditransfer pada rekening bank yang digunakan. Hal itu akan mempermudah dan mempersingkat cara transaksi sehingga para calon pembeli pun tidak bertanya-tanya lagi.

Layanan Komunikasi

Bersikaplah ramah dan aktif terhadap setiap pesan yang disampaikan oleh para pengunjung blog. Jangan terlalu mendiamkannya karena bisa dianggap tidak profesional atau tidak aktif. Fitur layanan komunikasi bisa Anda gunakan dengan email atau plugin YM, atau bahkan langsung via nomor telepon atau BBM. Layanan komunikasi yang ramah dan cepat akan membangun reputasi positif Anda.

Promosi Media Sosial

Jangan lupa untuk selalu promosi melalui media sosial. Blog merupakan rumah utama atau toko permanen yang dimiliki. Namun Anda masih membutuhkan bantuan dari sejumlah media sosial untuk mempromosikan blog dan produk-produk di dalamnya. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya yang semuanya akan terkoneksi langsung pada blog tersebut. Kinerja bisnis online pun akan lebih dinamis dan terkoordinasi dalam satu pengelolaan.

Belajar sb1m yuk