header 728 x 90 3

Main Gimmick dalam Promosi

Main Gimmick dalam Promosi – Apa yang sebenarnya dimaknai dari gimmick dalam sebuah praktik promosi? Gimmick adalah praktik yang bertujuan untuk mengundang rasa penasaran yang berlanjut pada keinginan untuk membeli produk. Cara yang diterapkan pun bermacam-macam tergantung dari kreativitas pihak penjual. Nah, barangkali Anda masih sedikit bingung dengan apa yang disebut sebagai gimmick. Kita ilustrasikan dalam contoh di bawah ini.

Main Gimmick dalam Promosi

Main Gimmick dalam Promosi

Ada sebuah produk misalnya buku novel. Buku itu ditawarkan dengan harga sekian. Namun jika membayar dengan harga yang lebih, pembeli akan memperoleh buku lain. Sekilas, praktik itu biasa saja. Namun orang yang tertarik dengan perhitungan harga akan sangat mempertimbangkan hal itu. Padahal, nilai buku yang dijadikan bonus itu kalau ditambahkan dengan buku novel utama yang dijual hitungannya akan tetap sama. Namun dengan konsep pemasaran tertentu, sekilas pembeli akan memperoleh keuntungan yang lebih.

Apakah cara tersebut salah? Tentu saja tidak, karena pada dasarnya harga yang diterapkan pun sesuai standar. Namun dengan alasan khusus, pembelian dua buku itu terasa jadi lebih murah. Contoh yang lebih ekstrim lagi adalah gimmick yang mengilustrasikan bahwa jika membeli dan menggunakan produk itu akan berefek luar biasa. Contohnya? Sebuah iklan sepeda motor yang jika dikendarai membuat pengendaranya melaju dengan kencang hingga bajunya compang-camping. Ingat kan iklan apa itu? Ya. Cara iklan tersebut memang sangat keren jika divisualisasikan. Tapi hal yang digambarkan sangatlah ekstrim dan berlebihan. Bahkan bisa jadi bumerang misalnya dengan menjadikan iklan itu sebagai bahan olok-olokan. Misalnya, orang yang punya sepeda motor itu akan kerap menjumpai pertanyaan mengapa bajunya yang dipakai kok tidak compang camping.

Oleh sebab itu, jangan membuat gimmick yang terlalu kelewatan atau bahkan norak. Buatlah konsep yang atraktif namun tetap memperhitungkan aspek rasionalitas. Sebenarnya  banyak cara untuk melakukan gimmick yang bisa dipelajari secara otodidak. Anda mungkin pernah atau kerap berbelanja secara online. Biasanya, dalam penawaran tertentu, Anda tertarik karena faktor yang langsung mengikat Anda sebagai konsumen. Alhasil, Anda pun memutuskan untuk menjalani transaksi sesuai promosi yang ditawarkan tersebut.


Praktik gimmick dalam promosi di internet juga bisa dilakukan dengan sangat fleksibel. Apalagi dengan menggunakan akun media sosial. Contohnya, dalam akun FB, Anda menampilkan beberapa produk dalam sebuah paket. Pembelian paket tersebut akan mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan di mata konsumen. Namun Anda sendiri sudah melakukan perhitungan sehingga perbandingannya pun tidak akan merugikan Anda sebagai penjual.

Cari penjelasan-penjelasan di atas, Anda harus bersiap untuk menjalani praktik promosi dengan gimmick yang luwes. Sebelumnya, persiapkan dulu dengan cara melakukan perhitungan untung ruginya bagi penjualan Anda. Memang akan cukup menyulitkan apabila Anda belum terbiasa melakukan praktik promosi dengan cara gimmick. Namun seiring dengan waktu dan pembiasaan, praktik tersebut pasti bisa dijalankan dengan lebih leluasa.

Cara lain dalam menerapkan gimmick ialah dengan menggunakan kupon pembelian. Biasanya penjual yang omsetnya sudah lumayan bisa mendirikan toko online sendiri. Cara promosi pun dijalankan dengan memberikan kesempatan bagi setiap konsumen untuk mendapatkan voucher yang bisa digunakan kelak. Untuk contoh lainnya bisa dengan memberikan informasi bahwa produk tersebut akan bebas biaya ongkos kirim. Namun Anda harus berhat-hati dengan cara melakukan perhitungan secara pasti tentang nilai untung yang akan tetap diperoleh. Nah, demikianlah beberapa penjelasan dan praktik tentang gimmick selama promosi di internet.

Belajar sb1m yuk