header 728 x 90 3

Konsisten dalam Publikasi Marketing di Internet

Konsisten dalam Publikasi Marketing di Internet – Hal yang paling sulit diterapkan dalam praktik online marketing adalah konsistensi. Ini terkait dengan publikasi Anda di internet secara berkala dengan tujuan merangkul pasar yang lebih luas dan sebanyak-banyaknya. Ada beberapa jenis dari publikasi yang bisa kita kategorikan berdasarkan media online yang digunakan. Kali ini, kita membahasnya dari website, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Konsisten dalam Publikasi Marketing di Internet

Konsisten dalam Publikasi Marketing di Internet

Publikasi Website

Seberapa sering kita harus posting konten dalam website yang dikelola? Seharusnya memang sesering dan sebanyak mungkin. Namun kebanyakan adalah website yang selalu rajin posting selama beberapa minggu, namun lama kelamaan seret dan bahkan tak ada kebaruan sama sekali setelah itu. Apa yang terjadi? Karena energi, ide, dan waktu untuk menulis lebih banyak disalurkan pada saat pertama-tama membuat dan mengelola website tersebut. Akibatnya adalah fatal karena menyebakan kontraproduktif bagi pengelola website tersebut.

Oleh sebab itu, aturlah jadwal yang ideal untuk selalu memperbarui konten dalam website Anda. Setiap hari bisa posting dua konten dalam jadwal waktu yang teratur. Bahkan satu kali pun tidak masalah asalkan memang terjaga intensintasnya dan tidak ada penundaan terlalu lama. Kalau masalahnya adalah kurang gagasan, sebaiknya merancang konsep sebulan sebelum jadwal yang akan diterapkan. Dengan demikian, Anda pun bisa menghemat tenaga. Namun ada beberapa hal khusus jika ternyata ada isu terbaru yang relevan dan bisa Anda posting sewaktu-waktu. Singkatnya, publikasi ini sifatnya adalah fleksibel.

Publikasi Facebook

Sama halnya dengan publikasi di Facebook. Anda bisa saja mengupdate status sehari beberapa kali. Tapi hal itu justru bisa merugikan Anda sendiri karena tipikal dari para pengguna Facebook berbeda dari akun media sosial lain seperti Twitter. Apalagi jika update dari status atau konten itu terlalu panjang dan menyita banyak halaman browsing.


Ada baiknya jika publikasi dalam Facebook disederhanakan namun tetap menyesuaikan pada karakteristik dari para penggunanya. Dan sangat disarankan untuk menggunakan akun Fanspage karena lebih tepat jika digunakan untuk praktik bisnis online dengan sasaran yang lebih luas.

Publikasi Twitter

Berbeda jika kita menggunakan Twitter. Sifatnya yang terbatas pada beberapa karakter tulisan dan bisa diposting secara bergiliran dengan rentang waktu per detik atau tergantung dari adminnya. Tapi juga tak bisa dilakukan secara asal atau acak. Publikasi Twitter sebaiknya dibuat singkat, padat, dan lebih santai. Sementara itu, pengaturan waktu publikasi juga sangat penting mengingat setiap detiknya selalu ada update baru dari akun-akun lain.

Anda bisa memanfaatkan Twitter sebagai media yang sangat interaktif. Yaitu sebagai proses komunikasi yang selalu terbuka kepada setiap follower atau yang bahkan tidak follow Anda. Buatlah konsep publikasi yang menyenangkan dengan menggunakan Twitter, apalagi jika mampu menerapkan gaya tutur yang santai dan sedikit bercanda.

Publikasi Instagram

Pilihan publikasi dengan Instagram lebih spesifik pada konsep visual. Artinya, lebih mengutamakan pada aspek foto produk yang tentu saja bisa dinikmati secara artistik. Cita rasa visual bisa diolah sedemikian rupa namun jangan berlebihan. Permainan hashtag juga sangat penting seperti halnya dengan pemakaian akun Twitter.

Sebetulnya banyak cara untuk publikasi online selain dengan menggunakan media-media di atas. Kalau Anda ingin memaksimalkan trafik pengunjung website, bisa dengan memakai Google+. Bahkan Anda selalu bisa menerapkan gaya publikasi online dengan akun media lain seperti Path, Line, BBM, dan sebagainya. Pilih saja yang sekiranya cocok dan tidak membebani dalam hal jadwal postingan.

Belajar sb1m yuk