header 728 x 90 3

Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Online

Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Online – Bagi orang awam, mungkin banyak sekali yang bertanya-tanya mengenai bisnis online. Bisnis online sendiri merupakan kegiatan berbisnis yang dilakukan melalui media internet. Di jaman yang semakin modern ini, sudah banyak sekali orang yang melakukan kegiatan bisnis melalui cara online. Hal ini semua dikarenakan persyaratan yang mudah dan keuntungan yang lumayan menggiurkan. Lebih daripada itu, produk anda berpotensi dilihat oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Online

Keuntungan Dan Kekurangan Bisnis Online

Persayaratan memulai bisnis online

Sebelum memulai sebuah bisnis online, ada berbagai persyaratan yang harus anda penuhi  antara lain:

  • mampu mengoperasikan computer dengan baik

hal ini merupakan dasar yang harus anda milki sebagai seorang pebisnis online. Hal ini dikarenakan semua hal yang akan anda lakukan akan berhubungan langsung dengan computer.

  • koneksi internet yang baik

jaringan internet yang baik dan cukup mutlak diperlukan ketika memulai sebuah bisnis online. Keberadaan jaringan internet menjadi syarat mutlak yang harus anda miliki. Tanpa adanya jaringan internet, maka bisnis online tidak akan pernah berjalan.


  • Email

Akun email wajib dimilki oleh seorang pebisnis online. Pastikan anda memilki minimal satu akun email yang aktif.

  • Akun bank lokal

Memiliki akun atau rekening bank local sangat penting. Hal ini dikarenakan semua transaksi yang akan anda lakukan melalui dunia maya tanpa harus bertemu dengan pembeli anda. sistem pembayaran juga via transfer bank yang mengedepankan kecepatan.

Keuntungan berbisnis online

Ada beragam keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda memulai sebuah bisnis online. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari kegiatan berbisnis secara online.

  • Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

Bisnis online merupakan bisnis yang fleksibel karena nada bisa menjalankannya dimana saja dan kapan saja. Anda tidak membutuhkan tempat khusus untuk memulai bisnis ini. yang harus anda ingat adalah ketersediaan jaringan internet dimanapun anda berada.

  • Gratis

Gratis disini berarti anda tidak perlu pusing memikirkan biaya operasional seperti ketika anda menjalankan bisnis offline. Dengan kata lain, anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli data internet untuk menunjang kelangsungan bisnis anda.

  • Tetap buka walaupun anda sedang tidur

Karena bersifat online, maka bisnis anda tidak perlu pengawasan. Pelanggan bisa melihat produk yang anda jual kapan saja bahkan ketika anda sedang tertidur pulas.

  • Bisa dilakukan tanpa harus memilki produk

Jika anda ingin berbisnis online namun tidak mempunyai produk sendiri, anda bisa enjadi seorang reseller atau dropshipper. Tugas anda hanya menjualkan produk orang lain, dan keuntungan yang anda peroleh biasanya bisa anda tentukan sendiri.

Kekurangan berbisnis online

Selain memilki banyak sekali keuntungan, ada juga kekurangan yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis jenis ini.

  • Bergantung pada koneksi internet

Dikarenakan bisnis online sangat bergantung dengan jaringan internet, maka hal ini menjadi sangat mutlak dalam bisnis ini. tanpa koneksi internet, bisnis anda akan berhenti dan gagal.

  • Kurangnya rasa percaya konsumen

Sering terjadinya penipuan di internet membuat banyak sekali calon pelanggan yang kurang mempercayai dengan metode bisnis seperti ini. ketakutan akan penipuan merupakan alasan nomer satu mengapa banyak sekali yang kurang percaya terhadap bisnis ini.

  • Pengiriman produk

Pengriman produk atau barang juga merupakan masalah bisnis online yang sering sekali ditemui. Biaya ongkos kirim menjadi salah satu hambatan dalam bisnis ini. semakin besar volume sebuah barang, maka akan semakin banyak biaya yang harus anda bebankan pada konsumen.

Belajar sb1m yuk