header 728 x 90 3

Kenali Semua Ini Sebelum Mengawali Bisnis Garmen

Kenali Semua Ini Sebelum Mengawali Bisnis Garmen-Permasalahan lapangan pekerjaan memang selalu menjadi pembicaraan yang tidak ada habisnya. Pernahkah Anda berpikir untuk membuka lapangan pekerjaan dan menjadi seorang pelaku bisnis yang sukses? Jenis bisnis apakah yang ingin Anda geluti? Tidak ada salahnya jika memulai usaha atau bisnis yang berhubungan dengan fashion. Tidak harus memiliki sebuah toko atau distro yang besar jika Anda ingin mengawali bisnis ini.

Bisnis garmen atau konveksi pun merupakan sebuah peluang bagus karena bisnis ini dapat dilakukan di rumah. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisasi anggaran tempat sewa melakukan bisnis ini. Anda dapat mengawali bisnis garmen ini dengan mendalami ilmu mengenai bisnis ini melalui banyak media, baik offline atau pun online.

Ada baiknya sebelum memulai usaha ini dengan memperhatikan beberapa langkah. Cara memulai bisnis garmen ini sebenarnya mudah untuk diterapkan.

  1. Rancangan

Anda harus memiliki rancangan sebelum memulai usaha ini. Pertimbangkan mengenai modal yang harus Anda keluarkan, pembelian peralatan garmen, pegawai, pembelian bahan baku, rancangan desain, sistem jual beli, pertimbangan untung dan rugi.


  1. Promosi yang baik

Promosi merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Untuk meperluas jaringan konsumen, sebaiknya melakukan sistem secara online dan offline. Melalui sistem online, buatlah toko online untuk produk Anda. Saat ini kecanggihan teknologi akan sangat mendukung usaha Anda. Toko online Anda harus lengkap dengan data mengenai brand yang dimiliki. Mulai dari nama toko, alamat, nomor kontak yang bisa dihubungi, jenis baju, spesifikasi, harga, juga sistem pembayaran.

Terkait dengan peralatan garmen Anda, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan dari mesin jahit dan strika uap yang khusus dipakai untuk bisnis garmen? Beberapa jenis peralatan konveksi di antaranya sebagai berikut:

  1. Jenis mesin jahit high speed

Mesin jahit khusus ini digunakan untuk bisnis garmen. Mesin ini berbeda dengan mesin jahit yang digunakan di rumah tangga. Mesin jahit untuk konveksi terletak pada kecepatan menjahitnya. Besar dinamo yang digunakan pada usaha konveksi dinamo yang digunakan lebih besar dan kecepatan jahitan 5.000 jahitan per menit. Lebih canggih tentunya dibanding mesin jahit biasa.

  1. Jenis mesin jahit lubang kancing

Dari segi harga, mesin jahit ini terbilang sangat mahal dibanding jenis mesin jahit lainnya. Tingkat kerumitan mesin dan hasil kerjanya yang sempurna menjadi hal utama. Mesin jahit ini khusus dibuat untuk melubangi kancing dan memotong sisa benang yang masih ada dari proses menjahit.

  1. Jenis mesin jahit pasang kancing

Mesin ini dibuat untuk memasang kancing secara otomatis pada titik kait baju. Namun penggunaan mesin ini terbatas pada kancing yang memiliki lubang di tengahnya dan minimal memiliki dua lubang. Anda akan membutuhkan jenis mesin jahit ini pada usaha garmen itu.

  1. Jenis setrika uap bahan bakar gas

Jenis setrika uap bahan bakar gas ini memang menghasilkan uap panas yang sangat kuat, tentunya jika dibandingkan jenis setrika biasa. Keistimewaannya adalah panasnya yang kuat tidak akan berbekas gosong atau meninggalkan noda pada pakaian disebabkan panasnya berasal dari uap air.

  1. Jenis setrika uap listrik

Jenis setrika ini memiliki kapasitas panas yang lebih kecil dibanding setrika uap bahan bakar gas karena setrika ini menggunakan listrik.

Anda dapat mengawali bisnis garmen dengan memperhatikan hal-hal  yang telah disebutkan tadi. Yang terpenting, jangan patah semangat dalam berbisnis bidang ini karena peluangnya cukup besar.

Meta desk: Banyak orang menilai bahwa bisnis garmen bisa memberikan banyak keuntungan. Hal itu memang benar adanya. Namun langkah apa yang harus dilakukan sebelum mengawali bisnis garmen itu?

Belajar sb1m yuk