header 728 x 90 3

Kenali Kendala dalam Bisnis Online dan Dapatkan Solusinya

Kenali Kendala dalam Bisnis Online dan Dapatkan Solusinya – Semakin hari bisnis online semakin digemari saja, peluang keuntungan yang akan didapatkan didukung dengan kemudahan dan kepraktisan dalam menjalankan bisnis ini membuat beberapa orang tertarik untuk membuka usaha secara online. Berbisnis online bukannya tanpa masalah, ada beberapa kendala yang muncul selama proses berjalannya bisnis ini dimana jika tidak bisa mengatasinya bukan tidak mungkin bisnis online yang djalankannya pun mengalami kebangkurutan. Namun walaupun demikian Anda tidak perlu khawatir karena baik sebuah usaha yang dibangun secara online maupun secara offline pastinya mempunyai masalah, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda untuk mengatasinya. Untuk itu berikut ini adalah beberapa kendala yang sering ditemui pada bisnis online berserta solusinya.

Kenali Kendala dalam Bisnis Online dan Dapatkan Solusinya

Kenali Kendala dalam Bisnis Online dan Dapatkan Solusinya

  • Identik dengan penipuan atau tidak aman

Tidak dapat dipungkiri bahwa tingginya angka kasus penipuan yang terjadi dunia maya, turut mempengaruhi kepercayaan para konsumen pada bisnis ini, tidak sedikit juga yang pada akhirnya membatasi diri untuk berbelanja secara online. Biasanya kasus-kasus yang sering terjadi adalah konsumen tidak juga mendapatkan kejelasan produk yang dibelinya pada sebuah toko onlline padahal dia sudah mentransferkan sejumlah dana namun barang tersebut belum juga diterimanya. Kasus lainnya adalah saat kualitas ataupun model barang yang diterima tidak sesuai dengan informasi deskripsi produk yang tercantum pada situs tersebut.

Kasus-kasus ini tentu akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen dan imbasnya bisa sangat luas, dimana efeknya bukan hanya pada situs yang bersangkutan namun juga pada toko online lainnya. Bukan tidak mungkin para korban ini menjadi kapok jika harus berbelanja secara online, dan lebih memilih membeli berbagai keperluannya secara offline karena dinilai lebih aman.

Untuk mengatasi kendala tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada toko online Anda. Gunakan foto untuk memberi gambaran kepada calon konsumen mengenai produk yang ditawarkan, lengkapi dengan keterangan pendukung yang disesuaikan dengan kondisi produk yang sesungguhnya secara singkat, lengkap dan detail seperti bahan yang digunakan, tipe produk, ukuran, dan informasi penting lainnya.


Pastikan Anda menjaga kualitas dari produk yang dijual, jika diperlukan tawarkan kepada konsumen berupa penukaran barang bila produk yang diterima mengalami kerusakan yang diakibatkan proses pengiriman. Cantumkan contac person yang dapat dihubungi konsumen jika ada informasi mengenai produk yang kurang jelas atau untuk menyampaikan keluhannya.

  • Akses internet terbatas

Ketersediaan jaringan internet menjadi syarat utama sebuah bisnis online dapat berjalan sehingga jika koneksi internet tidak lancar dapat berpengaruh sangat besar pada bisnis ini. Biasanya para pelaku bisnis yang tinggal didaerahlah yang sering mengalami masalah tersebut jika dibandingkan dengan  mereka yang tinggal kota-kota besar.

Sebagai solusinya Anda perlu menggunakan modem internet dengan sinyal paling kuat untuk daerah anda.

  • Persaingan tinggi

Seiring dengan kemajuan teknologi yang manawarkan layanan yang mudah dan cepat, semakin banyak juga orang-orang yang yang memilih media online untuk memasarkan produk bisnisnya.   Secara otomatis kondisi ini membuat persaingan dalam bisnis online pun semakin ketat, mulai dari bisnis online shop, reseller, sampai affiliate.

Oleh karena itu agar dapat bertahan dalam gelombang persaingan ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan salah satunya adalah dengan menawarkan produk yang unik, karena tingkat persainganya yang tidak terlalu tinggi, lakukan optimasi seo agar situs Anda berada diurutan teratas pada Google, memasang iklan, bergabung diforum-forum online yang bergerak dibisnis online. Agar situs Anda semakin populer tidak ada salahnya juga melakukan promosi secara offline.

Kendala lainnya adalah keterbatasan pengetahuan mengenai bisnis online itu sendiri. Demikianlah informasi mengenai kendala yang sering muncul dalam bisnis online beserta solusinya, semoga dapat bermanfaat.

Belajar sb1m yuk