header 728 x 90 3

Kelebihan dan kekurangan Usaha Musiman

Kelebihan dan kekurangan Usaha Musiman – Pada musim-musim tertentu Anda tentu pernah melihat banyak pedagang yang menjual barang maupun jasa yang relatif sama, salah satu contohnya adalah mereka yang menawarkan jasa penukaraan uang beberapa hari menuju Idul Fitri. Begitu juga ketika bulan puasa Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jajanan untuk berbuka puasa. Tingginya antusiasme pembeli dengan perputaran uang yang cepat dan besar membuat bisnis musiman menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, tak jarang fenomena ini melahirkan para pedagang baru yang seringkali disebut dengan pedang musiman. Tertarik dengan menjalankan bisnis ini? akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan kekurangan Usaha Musiman

Kelebihan dan kekurangan Usaha Musiman

Kelebihan Bisnis Musiman

Ketertarikan dari banyak orang untuk menjalankan bisnis musiman tidak terlepas dari beberapa keuntungan yang akan didapatkannya. Berikut ini merupakan kelebihan bisnis unik ini diantaranya adalah :

  • Mudah Mencari Lokasi Usaha

Secara umum lokasi akan sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah usaha, sehingga tidak jarang mereka akan mempertimbangkan lokasi dengan benar dan tepat yang akan disesuaikan dengan jenis usahanya mengingat usaha tersebut bersifat permanen. Hal ini sedikit berbeda ketika menjalankan bisnis musiman, karena bersifat sementara menjalankan bisnis ini tidak terlalu direpotkan dalam mencari lokasi seperti halnya menjalankan bisnis tetap, Anda dapat berjualan dengan memanfaatkan mobil pribadi yang disulap menjadi sebuah outlet atau toko.

  • Peluang Pasar Tinggi

Musim atau peristiwa tertentu dapat memicu tingginya kebutuhan akan sebuah barang, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk menjual produk yang sedang dibutuhkan tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat.


  • Omset Tinggi

Kelebihan bisnis musiman yang terakhir adalah omset yang diperoleh tinggi mengingat tingginya permintaan dan perputaran uang yang cepat.

Kelemahan Bisnis Musiman

Selain mempunyai beberapa kelebihan, berbisnis musiman juga tidak luput dari kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahan bisnis yang hanya ditemukan dimusim tertentu ini yaitu :

  • Berumur Singkat

Menjalankan sebuah usaha yang dilatarbelakangi oleh sebuah pertistiwa tertentu biasanya akan berumur singkat, kegiatan jual beli akan semakin menurun seiring dengan berakhirnya trand tersebut. Dengan kata lain bisnis musiman bersifat sementara yaitu hanya terjadi pada satu musim selama setahun sehingga kecil kemungkinan untuk dapat dijalankan secara terus-menerus, mengingat musim terus berganti.

  • Omset Menurun Seiring dengan Berganti Musim

Tidak menutup kemungkinan berjualan jajanan seperti kolak dihari-hari biasa juga akan mendapatkan pembeli namun tentu tidak sebanyak ketika menjualnya dibulan puasa sehingga omset yang didapatkan juga tidak begitu sebesar. Bergantinya musim berpengaruh besar pada bisnis ini, secara berangsur-angsur pembeli menjadi tidak tertarik lagi untuk menggunakan barang ataupun jasa tersebut karena kebutuhannya yang berubah salah satu contohnya adalah jika pada musim panas, minuman dingin begitu digandrungi maka ketika tiba musim penghujan maka minuman ini akan ditinggalkan.

  • Butuh Promosi yang Extra

Mengingat bisnis musiman berumur singkat, maka dengan waktu yang terbatas ini para pedagang dituntut untuk melakukan promosi dengan cepat agar dapat segera dikenal oleh masyarakat. Sehingga dapat merasakan berbagai keuntungan sebelum trand berakhir.

  • Saingan Banyak

Tidak dapat dipungkir bahwa salah satu rintangan dalam menjalankan bisnis musiman adalah tingkat persaingannya yang relatif tinggi. Hal ini menuntut Anda untuk berpikir keras untuk membuat calon pembeli berbelanja ditempat Anda, mengingat banyak pedagang lainnya yang juga menjual barang yang sama dengan yang Anda jual.

Demikianlah infomasi mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis musiman semoga dapat bermanfaat.

Belajar sb1m yuk