header 728 x 90 3

Jenis-jenis Internet Marketing yang Perlu Anda Tahu

Jenis-jenis Internet Marketing yang Perlu Anda Tahu – Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka semakin banyak pula perusahaan- perusahaan yang menggunakan media ini sebagai salah satu senjata yang ampuh dalam melakukan promosi dan internet marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang cukup booming pada saat ini.  Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan internet marketing diantaranya adalah cakupan pemasaran lebih luas, waktu fleksibel dan biayanya lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional.

 Jenis-jenis Internet Marketing yang Perlu Anda Tahu

Jenis-jenis Internet Marketing yang Perlu Anda Tahu

Definisi Internet Marketing

Internet Marketing adalah sebuah upaya dari sebuah perusahaan dalam melakukan pemasaran produk ataupun jasa yang ditawarkan serta bertujuan untuk membangun relasi dengan pelanggan yang dilakukan melalui media internet. Melakukan pemasaran dengan menggunakan media internet dinilai lebih efektif karena lebih praktis, mudah dan juga cepat dengan jangkauan yang lebih luas. Dalam menjaga hubungan dengan pelanggan prose pemasaran dengan menggunakan internet marketing akan memfasitasi terjadinya pertukan ide sampai layanan yang akan memuaskan tujuan dari pihak pelanggan maupun pihak perusahaan. Garis besarnya Internet Marketing adalah pemasaran atau periklanan dengan menggunakan internet sebagai media untuk mengirimkan berbagai pesan yang bersifat promosi kepada konsumen.

Karena menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi berjalannya proses pemasaran ini, maka Anda perlu memastikan berbagai teknologi digital (media internet, perangkat lunak, perangkat keras, kabel, satelit) dan jaringan internet dapat memenuhi tujuan dari pemasaran tersebut. Meskipun dilakukan secara online namun dalam prosesnya tetap ada keterkaitan dengan sistem pemasaran yang dilakukan secara tradisional.

Jenis-jenis Internet Marketing

Secara luas internet marketing dibagi dalam kedalam beberapa kategori, dengan mengetahui jenis-jenis internet marketing pemasaran pun diharapkan dapat dilakukan secara maksimal dan optimal. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah jenis-jenis dari internet marketing yaitu :


  • Search Engine Optimization atau SEO

Bentuk pemasaran pada SEO adalah sebuah proses untuk meningkatan visibilitas pada situs atau halaman website perusahaan di mesin pencari.

  • Search Engine Marketing atau SEM

Yang dimaksudkan dengan sistem pemasaran SEM adalah upaya untuk mempromosikan sebuah web perusahaan dengan cara meningkatkan visibilitas atau kunjungan pengguna internet pada halaman hasil mesin pencari atau yang dikenal dengan SERPS seperti Bing, Google, Yahoo dan sebagainya.

  • Pemasangan Iklan

Meningkatkan produksi perusahaan juga dapat dilakukan dengan cara memasang iklan secara tidak langsung, yaitu dengan cara menampilkan iklan pada web atau blog pihak ketiga untuk selanjutnya akan diarahkan ke web perusahaan yang bersangkutan.

  • Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan lalu lintas didalam sosial media web seperti twitter, facebook, instragram atau media sosial lainnya.

  • Refferal Marketing

Refferal Marketing atau yang juga dikenal dengan proses pemasaran dari mulut ke mulut ni merupakan sebuah metode untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada konsumen baru dengan cara memberikan referensi.

  • Email Marketing

Pemasaran ini memanfaatkan media surat elektronik dalam mempromosikan produk atau jasa. Pihak perusahaan akan melakukan pemasaran secara langsung dengan cara  mengirimkan pesan yang ditujukan ke alamat email pelanggan.

  • Inbound Marketing

Dalam pemasaran ini pihak perusahaan akan melibatkan pelanggan dalam membuat dan juga berbagi.

  • Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah pemasaran yang menerapkan sistem kerjasama dengan cara memberikan komisi kepada pihak affiliasi atau sales online atau agen penjual untuk keberhasilannya dalam menjual produk. Hal ini berarti tugas dari sales online ini adalah melakukan memasarkan serta mempromosikan produk perusahaan tersebut hingga para mengunjung untuk untuk membeli produk yang ditawarkan. persentase komisi yang akan diperoleh berkisar anatara 30% sampai 80% dari harga produk.

Belajar sb1m yuk