header 728 x 90 3

Ini Dia 5 Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ini Dia 5 Ciri Peluang Usaha yang Menjanjikan-Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha? Jika mau jujur, sepertinya semua orang ingin menjadi pengusaha. Selain bisa memperoleh pendapatan yang besar, seorang pengusaha juga tidak akan terkena pemutusan hubungan kerja. Justru Andalah yang memutus hubungan kerja dengan karyawan Anda. Namun, bagaimana caranya menjadi seorang pengusaha? Asal menjalankan sebuah usaha, tentu bukan keputusan bijak. Sebab, tanpa pengetahuan yang luas, justru kerugian yang akan Anda dapatkan. Sebenarnya, ada beberapa ciri peluang usaha menjanjikan yang bisa Anda tekuni. Apa sajakah ciri-ciri peluang usaha tersebut? Ini dia uraiannya.

 

  1. Mempunyai Banyak Konsumen dan Permintaan yang Nyata

Pilihlah peluang usaha yang sudah pasti mempunyai pasar, banyak konsumen, dan permintaan yang nyata. Tanpa adanya ketiga faktor tersebut, usaha yang akan Anda jalankan akan macet. Pada umumnya, suatu usaha mempunyai produsen banyak namun konsumen sedikit. Dengan demikian, banyak pengusaha yang berebut konsumen. Akan lebih baik jika Anda memilih peluang usaha yang mempunyai banyak konsumen namun sedikit produsen. Maka, peluang produk Anda terbeli lebih besar. Oleh karena itu, diperlukan riset pasar untuk mengetahui adanya permintaan atas produk yang Anda tawarkan.

  1. Mempunyai Tingkat Pengembalian Modal yang Jelas

Sebuah peluang usaha yang baik, mempunyai perkiraan kapan modal yang ditanamkan dapat kembali. Pengembalian modal ini tentu berasal dari hasil keuntungan setiap jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, perencanaan dan perhitungan keuangan beserta keuntungan yang diterima haruslah tepat dan jelas. Semakin tepat rencana yang ditetapkan dengan hasil nyata, semakin bagus peluang usaha tersebut untuk diteruskan dalam jangka panjang.

  1. Mempunyai Sifat Kompetitif yang Tinggi

Salah satu syarat mutlak sebuah peluang usaha dikatakan bagus adalah mempunyai sifat kompetitif, baik harga maupun kualitas produk. Selain itu, ukuran kompetitif ini juga bisa dilihat dari cara pengemasan, strategi pelayanan, hingga sistem distribusinya. Akan lebih baik lagi jika produk yang Anda tawarkan tidak mempunyai banyak pesaing.


  1. Cepat Mencapai Tujuan

Tujuan suatu usaha adalah mendapatkan keuntungan sebesar-sebesarnya. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan prinsip ekonomi, yatu mendapatkan hasil maksimal dengan pengeluaran minimal. Selain itu, keuntungan yang diperoleh dapat terus-menerus terjadi. Meskipun dalam berbisnis terkadang terjadi hal yang tidak terduga, seperti adanya kerugian, namun hal ini bisa diantisipasi dengan perencanaan yang matang. Meminimalisir kerugian menjadi tugas pokok dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam merencanakan dan menjalankan usaha sesuai perencanaan tersebut.

  1. Mempunyai Sumber Daya yang Berkompeten

Dalam hal ini, sumber daya bisa berupa sumber daya manusia maupun non manusia, misalnya aset, pengetahuan, yang lain. Sedangkan, berkompeten adalah mampu menjalankan usaha yang sedang dirintis. Dengan mempunyai sumber daya yang berkompeten, maka sebuah usaha akan berjalan sesuai dengan rencana. Satu lagi, penempatan orang pada posisi yang tepat juga menjadi unsur penting dalam keberhasilan suatu usaha. Meskipun sumber daya manusia yang dipunyai sangat berkompeten, namun salah dalam penempatan posisi, tetap akan menghasilkan kinerja yang tidak maksimal. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu melihat hal ini dengan baik.

Dengan berpedoman pada kelima ciri di atas, tentu Anda akan lebih selektif dalam memilih sebuah peluang usaha untuk dijalankan. Jangan ragu untuk melangkah. Mantapkan niat, analisis kelima ciri tersebut, dan lakukan yang terbaik. Itulah syarat menjadi pengusaha sukses. Selamat berusaha!

 

Belajar sb1m yuk