header 728 x 90 3

Hindari Kesalahan Berbisnis Online Berikut Ini

Hindari Kesalahan Berbisnis Online Berikut Ini – Bisnis online wajib dijalankan secara konsisten karena sekali luput atau malas-malasan, peluang bagus akan terbuang dengan percuma. Fakta bahwa semakin banyak pelaku bisnis online memang tak terbantahkan. Produk yang ditawarkan pun berbagai rupa dan kadang-kadang di luar dugaan. Namun itulah kenyataannya, semuanya bisa diuangkan asalkan kreatif dan punya kemampuan promosi yang berkualitas. Wajarlah jika banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis di internet. Dengan modal terbatas, kesempatan yang dimiliki pun sama seperti mereka yang sudah banyak pengalaman.Tetapi bisnis di internet tidaklah sesepele yang diperkirakan, apalagi jika punya target yang besar. Oleh sebab itu, hindarilah beberapa kesalahan berbisnis online berikut ini.

Kesalahan Berbisnis Online

Kesalahan Berbisnis Online

Tidak Punya Toko Online

Apakah ini berarti kita harus punya website atau blog untuk berbisnis? Maksudnya tidak begitu, namun alangkah baiknya jika memang sudah merencanakan punya website atau blog profesional. Namun yang dimaksud sebagai toko online di sini adalah media di mana Anda sebagai penjual menyajikan informasi dari produk-produk yang ditawarkan. Jika tak ingin ribet atau mengeluarkan biaya tambahan untuk website atau blog, ada satu solusi yang sangatlah mudah dan sederhana. Apa itu? Buka lapak di Facebook. Ya. Media sosial yang satu ini memang sangat efektif jika digunakan sebagai lapak online. Di dalamnya, kita sudah bisa membuat katalog yang nantinya akan diisi oleh produk-produk jualan. Facebook pun bisa difungsikan sebagai fanspage jika jumlah temannya telah melebihi kapasitas. Artinya, kesempatan promosi pun jadi lebih besar.

Katalog tidak Meyakinkan

Anda harus membuat katalog album produk yang meyakinkan. Bisa dilihat dari detil produk yang diinformasikan, mulai dari foto yang jelas, keterangan harga, diskon (jika ada), dan sebagainya. Isi katalog yang tidak meyakinkan akan merugikan pihak penjual itu sendiri. Buatlah sebuah katalog yang berisi penjelasan berbagai produk yang selalu diperbarui jika ada tambahan. Selain itu, kalau ada produk yang sudah terjual, berikan informasi jika sudah habis atau bisa dengan menghapusnya.

Tidak Berjejaring

Berjualan di online jika tak punya jaringan sama saja bohong. Misalnya Anda punya akun Facebook untuk jualan, tapi jumlah teman yang dimiliki cenderung sedikit. Tentu saja Anda hanya punya kesempatan kecil untuk bisa mempromosikan semua produk. Hal ini juga berlaku untuk semua akun media sosial yang digunakan untuk berjualan online. Seperti Twitter, Instagram, dan sebagainya. Oleh sebab itu, Anda harus aktif selama mengoperasikan akun media sosial tersebut. Ada banyak cara untuk menarik perhatian para pengguna internet misalnya dengan gaya promosi unik melalui status-status atau postingan di media sosial tersebut. Jangan lupa untuk rutin bergabung di beberapa grup Facebook yang khusus untuk berjualan, apalagi jika spesifik pada kategori produk Anda.


Layanan Seadanya

Ingat baik-baik bahwa praktik bisnis online adalah sama seperti praktik secara konvensional. Bahkan beberapa langkah lebih maju kalau kita pertimbangkan dari segi fitur dan fasilitas. Justru dengan semua kecanggihan tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk menciptakan layanan optimal. Jangan melayani konsumen seadanya atau malas-malasan. Selalu jawab jika ada pertanyaan via komentar atau inbox, dan jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama. Hal itu juga wajib dipraktikkan pada pemakaian akun media sosial lain seperti Twitter dan Instagram. Untuk yang punya website wajib melayani setiap klien dengan menggunakan fitur chat atau email. Manfaatkanlah setiap fasilitas di internet sebaik-baiknya.

Belajar sb1m yuk