header 728 x 90 3

Harga Terjangkau dan Inovasi Tinggi Bakal Diterima Pasar

Tahun 2016 menunjukan peluang pertumbuhan ekonomi lebih prospektif karena adanya aliran direct investment yang cukup besar. Selain itu dengan penguatan Rupiah dapat mendorong konsumsi, namun sayangnya aliran impor juga akan semakin deras dan ekspor tersendat karena perang kurs masih membayangi. Prospek usaha barang konsumsi (makanan) dan sandang cukup baik. Gaji pegawai negeri naik, meningkatnya daya beli namun sepertinya inflasi akan membayangi terutama kenaikan harga beras.

Packaging produk makanan juga perlu diperhatikan, sehingga dapat dikemas, didisain dan disajikan semenarik mungkin dengan kemasan inovatif. Selain itu UKM bidang fashion juga tak kalah prospektif di tahun ini. Dan yang terpenting di tahun ini adalah keikutsertaan mahasiswa (kaum muda) dalam memunculkan inovasi-inovasinya dalam bentuk produk. Karena animo peminat fashion dari kalangan perempuan sangat tinggi.

Harga Terjangkau dan Inovasi Tinggi Bakal Diterima Pasar

Harga Terjangkau dan Inovasi Tinggi Bakal Diterima Pasar

Kesulitan-kesulitan yang masih menjadi ganjalan bagi dunia usaha di tahun 2016, khususnya pengusaha UKM terutama dalam hal modal, tetapi kesulitan terbesar bagi para pelaku UKM itu adalah belum bisa menguasai lingkungan, pengetahuan mengenai supplier, dan cara pemasaran.

Produk. Produk yang bakal diterima masyarakat di tahun 2016 ini ada dua kategori produk yakni produk dengan harga terjangkau dan produk dengan kategori inovasi tinggi dengan harga bukan menjadi masalah. Nah agar produk atau jasa yang dijual pengusaha UKM di tahun 2016 diterima pasar tentu sangat dibutuhkan inovasi. Baik inovasi cara jual(misalkan dengan paket), inovasi produk dan cara pembayaran.


Strategi jitu yang seharusnya dilakukan pelaku usaha UKM supaya survive di tahun 2016 terutama harus menekan pada strategi kerja sama, itu sangat penting. Misalkan saja penjual kaos bekerja sama dengan penjual makanan. Jadi secara tidak langsung ketika memilih pakaian pengunjung merasa lapar, maka mereka bisa memanfaatkan penjual makanan yang ada di sekitar toko pakaian tadi.

Dalam hal pemasaran menghadapi tahun dengan harga-harga serba mahal ini, brand management dan optimalisasi bran itu penting. Jadi orang harus tahu dulu siapa kita dan toko kita, orang harus banyak tahu kita terlebih dahulu. Selain itu pemanfaatan jasa sales promotion girl (SPG) juga perlu diperhitungkan, serta cara promosi dengan diskon dan bonus.

Strategi Pemasaran. Ada beberapa kesulitan yang mungkin masih menjadi ganjalan bagi dunia usaha di tahun 2016,khususnya pengusaha UMKM terutama dari akses permodalan tidak semudah yang diharapkan karena faktor kolateral (Jaminan). Selain itu faktor pemasaran dan desain yang masih memerlukan bantuan dan arahan, serta packaging dan shipment (pengiriman) yang masih lemah.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar produk/jasa UMKM diterima pasar yaitu perlu memperluas networking dan promosi serta peningkatan kualitas desain dan materialnya. Adapun strategi jitu yang perlu dilakukan UMKM agar survive antara lain memanfaatkan program pendampingan termasuk PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) dari BUMN dan terus memantau tren kebutuhan pasar agar jangan sampai bersaing frontal dengan suplai yang telah ada.

Model pemasaran yang cocok di tahun 2016 adalah pemasaran multi-channel, tidak hanya direct tetapi juga online, karena masyarakat semakin banyak menggunakan internet. Selain itu Kadin juga memberikan dukungan bagi perkembangan usaha UMKM di tahun 2016 ini antara lain banyak anggota kadin yang menjadi mitra UMKM (menerima pasokan produk UMKM dll), memberikan bantuan pendampingan teknis dll). Secara individual anggota kadin menjadi narasumber workshop, seminar dll, dan dalam lima tahun ke depan Kadin telah mencanangkan penciptaan entrepreneur baru sebagai program prioritas kerja Kadin guna mendukung pencapaian minimal 2% entrepreneur dari total populasi indonesia

Belajar sb1m yuk