header 728 x 90 3

Cara Mudah Memasarkan Produk Online

Cara Mudah Memasarkan Produk Online – Pemasaran produk jualan secara online terkesan sangat sederhana dan mudah. Berbekal gadget dan perangkat internet, seolah-olah semua praktik promosi dan penjualan bisa dilangsungkan dengan begitu lancar. Dukungan teknologi yang selalu diperbarui memang memudahkan siapa saja untuk terlibat dalam aktivitas bisnis online. Namun ketika seorang baru saja memulai dan merintis praktik bisnisnya, ia merasa sangat terbebani karena tak bisa mengejar target yang diharapkan. Bahkan sangat jarang kustomer yang sekadar melirik produk jualannya. Apa penyebabnya? Kekurangannya ternyata masih terletak pada praktik promosi dan pemasaran.

Cara Mudah Memasarkan Produk Online

Cara Mudah Memasarkan Produk Online

Praktik Promosi dan Pemasaran Online

Praktik promosi dan pemasaran online diterapkan dalam praktik yang sederhana namun taktis dan saling terkait satu sama lain. Kita ambil contoh langsungnya dari penjualan kaos desain. Produk ini kerap digemari oleh kaum muda yang suka mencari hal-hal baru dari desain kaos. Anda bisa saja sangat mahir dalam urusan mendesain kaos dengan berbagai teknik. Tapi kalau tak punya kemampuan memasarkan? Percuma.

Buatlah citra dan reputasi positif dari produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Misalnya, melalui pembuatan website. Ingin membuat blog dengan domain gratisan? Bisa-bisa saja. Namun pikirkanlah bahwa ada banyak pihak yang jadi pesaing Anda dan masing-masing punya website lengkap dengan katalognya. Publik di internet jelas akan lebih percaya pada sebuah toko online yang punya website resmi. Lagipula, biaya pembelian domain dan hosting pun tidak mahal. Apalagi Anda cuma memperpenjangnya sekali setahun.

Setelah punya website dan mengisi konten-kontennya, kembangkanlah pada media promosi seperti G+, FB, Twitter, Instagram, FJB, dan sebagainya. Merasa tak mampu mengendalikan semuanya secara bersamaan? Jika bisnis itu dikelola oleh beberapa orang, sebaiknya atur pembagian tugas masing-masing. Sesuaikan juga dengan kebiasaan atau intensitas dari setiap orang yang menjadi admin.


Mengelola Jadwal

Mekanisme promosi dalam internet bisa dikelola dalam jadwal yang teratur. Anda bisa mengatur jadwal mulai dari pagi hingga malam hari untuk melakukan promosi. Tidak dengan akun yang sama, namun secara bergantian. Artinya, selama nyaris seharian penuh, promosi Anda akan selalu berjalan.

Tidak Ada Batasan

Tidak ada batasan dalam menjalankan praktik promosi dan pemasaran di internet. Siapa saja bisa terlibat dan setiap orang bisa jadi penjual atau pembeli. Kita kembali pada konsep dasar dari bisnis berjualan produk, yaitu ada barang dan ada segmen pasar. Dengan adanya pasar yang sudah terbentuk, kita bisa masuk dan menawarkan produk yang sekiranya menarik perhatian mereka.

Optimalisasi Pelayanan

Selama menjalankan promosi dan pemasaran, optimalkanlah layanan sebagai penjual. Jangan asal berbagi tautan dan produk tanpa sekali pun menanggi pertanyaan atau mungkin keluhan dari kustomer. Gunakanlah fitur dari media sosial seperti FB, Instagram, dan Twitter sebagai sarana media promosi yang interaktif. Anda juga bisa melakukan cara-cara kreatif seperti mengadakan kuis yang berhadiah produk atau potongan harga. Namun jika masih dalam level pemula, hadiah seperti potongan harga akan kurang menarik. Yang penting ialah membangun reputasi dengan selalu meningkatkan kepercayaan dari para kustomer yang beraktivitas di dunia maya.

Konsep promosi dan pemasaran online akan senantiasa berkembang dari jaman ke jaman. Internet menjadi landasan utama untuk mengawali praktik bisnis online yang kian menyesuaikan pola kehidupan masyarakat dunia. Setiap pemilik usaha pun berkesempatan untuk meraih profit sebesar-besarnya dari produk-produk yang senantiasa dipromosikan dan dipasarkan tersebut.

Belajar sb1m yuk