header 728 x 90 3

Buku Bekas Online: Modal Kecil, Untung Besar

Buku Bekas Online: Modal Kecil, Untung Besar – Bisnis online dengan jualan buku bekas mungkin dianggap tidak menguntungkan bagi sebagian orang. Pasalnya, untuk apa beli buku bekas jika kita bisa membeli yang lebih baru di toko-toko buku. Namun apa benar demikian? Dunia penerbitan buku punya skemanya sendiri yang bahkan orang awam pun akan sangat terkejut jika mengetahui fakta-fakta keuntungan dari jual beli buku bekas di internet. Dewasa ini, makin banyak orang yang memanfaatkan akun Facebook untuk berdagang buku-buku bekas. Jumlahnya terus bertambah dan sebagian berkembang menjadi toko profesional yang akhirnya bisa buka lapak sendiri.

Buku Bekas Online - Modal Kecil, Untung Besar

Buku Bekas Online – Modal Kecil, Untung Besar

Peluang Bisnis Buku Bekas

Bagi Anda yang dari dulu memang suka membaca dan mengoleksi buku-buku bagus, bersiaplah untuk menghadapi kenyataan bahwa rata-rata harganya di pasar online saat ini cukup tinggi. Bahkan, fakta yang sangat menggemparkan ialah sejumlah karangan dari para pengaran besar Indonesia yang dicetak dalam buku-buku edisi lama. Misalnya, buku-buku karangan Pramoedya Ananta Toer dari terbitan Hasta Mitra saja harganya bisa mencapai ratusan ribu. Apalagi yang dicetak dari era-era 1940an hingga masa-masa Orde Baru. Menariknya, kian banyak orang yang tertarik untuk membaca buku atau sekadar mengoleksinya. Sementara itu, terbitan-terbitan tersebut sudah tak tersedia lagi di toko-toko buku.

Sayangnya, cukup susah untuk mencari buku-buku tersebut sekarang ini. Lebih banyak ditemui versi repro atau bajakan yang dijual dengan harga wajar. Biasanya produk-produk tersebut lebih dicari oleh mereka yang benar-benar penasaran dan ingin membacanya. Target penjualan buku-buku tersebut pun akhirnya beralih pada para kolektor atau bahkan para penjual yang ingin menyimpannya lebih lama.

Bekal Pengetahuan dan Observasi

Namun Anda tak usah merasa minder jika tak bisa mendapatkan stok buku-buku yang nilainya sangat tinggi. Sebab, pada dasarnya kebanyakan buku-buku lama juga punya nilai lumayan. Anda hanya perlu belajar mengenali buku-buku apa saja yang cenderung laris manis di tangan para kolektor dan para pembeli pada umumnya. Bahkan produk yang dijual pun tak melulu buku-buku lama. Anda bisa berbelanja sejumlah buku baru yang nantinya bisa dipasarkan secara online. Kenapa? Ingatlah, tidak semua wilayah di Indonesia ini punya toko buku yang bagus dan lengkap. Anda bisa berperan sebagai penjual yang memasok bahan-bahan bacaan bermutu tinggi ke para pembaca yang masih kesulitan mengakses buku-buku bagus di wilayah mereka.


Menyimpan Stok                       

Satu hal penting lagi adalah menyimpan stok buku. Misalnya, dalam satu masa, sebuah judul buku meledak di pasaran. Anda harus memanfaatkan peluang itu sebaik-baiknya dengan berbelanja buku tersebut apalagi masih dalam edisi atau cetakan pertama. Apakah Anda akan menjualnya kembali? Tentu saja. Namun jangan habiskan semua stok. Biasanya, cetakan pertama akan kembali dicari setelah kurun waktu tertentu. Anda tinggal menunggu waktu saja dan memanfaatkan situasi ketika perlahan mulai banyak orang yang mencari cetakan pertamanya.

Pengelolaan dan Perawatan

Ingat baik-baik bahwa berjualan buku akan sama tanggung jawabnya seperti pembaca atau kolektor. Anda harus bisa merawat semua buku tersebut sebaik-baiknya. Ibaratnya, Anda punya perpustakaan pribadi dengan stok yang lebih banyak dan selalu memperlakukan mereka dengan cara aman. Hindarilah kemungkinan terburuk seperti rayap atau kutu buku yang akan mengancam koleksi tersebut.

Buatlah rak besar atau simpan dalam lemari kaca yang melindungi dari kelembaban udara. Dengan pengelolaan dan perawatan tepat, semua koleksi buku bekas yang sejatinya adalah produk jualan Anda akan tetap terlihat baru dan tidak rusak sedikit pun.

Belajar sb1m yuk