header 728 x 90 3

Bisnis Jasa Visual Kreatif

Bisnis Jasa Visual Kreatif – Bisnis online banyak sekali ragamnya. Bisa kita sesuaikan dengan bakat dan kreativitas yang kita miliki saat ini. Lalu dengan beberapa proses eksplorasi, kita bisa memaksimalkan profit yang nantinya akan diterima.

Bisnis Jasa Visual Kreatif

Bisnis Jasa Visual Kreatif

Alih-alih berbisnis dengan berjualan produk barang, ada pilihan alternatif seperti memanfaatkan bakat khusus yang Anda kuasai. Contohnya adalah jasa visual kreatif. Maksudnya adalah praktik bisnis yang memberikan pelayanan berupa karya-karya berbentuk visual yang Anda buat berdasarkan pesanan.

Bidang kreatif bermacam-macam bentuknya, seperti halnya jasa produk visual yang hendak ditawarkan. Untuk Anda yang gemar dan mahir menggambar baik secara manual atau digital, kesempatan ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Di internet, ada banyak pihak yang membutuhkan ide dan kemampuan Anda, khususnya perusahaan-perusahaan. Ada yang butuh logo merek, desain website, ilustrasi iklan, dan sebagainya. Manfaatkanlah peluang tersebut karena bidang yang satu ini cukup terbatas akibat SDM yang masih kurang.

Peluang sejenis bisa Anda ambil jika gemar dan mahir di bidang fotografi. Foto merupakan salah satu elemen yang membangun kekuatan dan reputasi sebuah bisnis. Jika Anda mampu menyelesaikan order dengan kualitas bagus, niscaya tawaran-tawaran berikutnya akan berdatangan. Apalagi kalau Anda memang berbakat di bidang visual seperti gambar dan foto, atau bahkan animasi. Prinsipnya adalah bekerja secara profesional dan selalu berupaya menghasilkan karya-karya bermutu.


Bagaimanakah cara mengawali bisnis jasa kreatif visual ini? Anda bisa melakukannya sendiri atau membentuk sebuah tim khusus yang akan melayani berbagai jenis order. Bekerja dalam sebuah tim akan saling meringankan karena masing-masing berkonsentrasi pada jenis order tertentu. Sebuah tim juga akan membangun sebuah atmosfir kerja profesional karena setiap anggota punya kesadaran dan tanggung jawab untuk saling memastikan standar mutu yang diinginkan klien.

Jika akan bekerja sendiri pun tak masalah. Justru peluang untungnya lebih besar karena pembayaran hanya akan diterima oleh Anda sendiri bukan dibagi dengan orang lain. Namun konsekuensinya juga lebih berat karena Anda harus cermat dan selalu konsisten dalam menjaga ketepatan waktu penyelesaian order serta membangun kualitas.

Setelah merasa yakin dan memang punya kapasitas untuk melakukan pekerjaan ini, langkah selanjutnya ialah dengan merancang konsep bisnis yang tepat. Pertama-tama, carilah pasar yang tepat dan sekiranya berminat dengan kemampuan Anda. Sebabnya, percuma jika punya bakat namun tak tahu ke mana harus menawarkan jasa Anda. Jika ingin lebih terarah dalam membidik pasar, Anda bisa bergabung pada sejumlah forum freelancer online domestik atau luar negeri. Jelaskan perihak bakat dan kemampuan Anda disertai dengan portofolio atau contoh-contoh karya. Dengan cara promosi tersebut, Anda lama kelamaan bisa dikenal sehingga mempermudah perluasan pasar.

Cara promosi pun beragam, tidak secara pasif dan harus konsisten. Kalau ingin profesional, buat saja website yang berada di bawah pengelolaan Anda atau tim tersebut. Sebuah website akan menambah nilai bagi sebuah jasa kreatif. Orang-orang pun akan lebih percaya pada reputasi dan kinerja dari layanan yang sedang Anda tawarkan tersebut. Dalam website, tentu saja Anda punya keleluasaan untuk menampilkan galeri karya-karya visual tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu berjejaring dan menciptakan hubungan sinergis dengan publik internet dan bahkan para kompetitor. Hubungan yang positif akan memaksimalkan hasil target bisnis yang akan Anda jalani tersebut. Demikianlah beberapa konsep dasar untuk menjalankan dan mengelola bisnis jasa kreatif visual secara online.

Belajar sb1m yuk