header 728 x 90 3

Bisnis Album Rekaman Fisik Online

Bisnis Album Rekaman Fisik Online – Praktik bisnis di internet tidak pernah mengenal batasan. Ada saja yang bisa ditawarkan dan menjadi produk menarik bagi khalayak. Salah satunya adalah album rekaman musik fisik, mulai dari penyanyi solo, grup, hingga band. Mungkin dalam benak Anda terbersit beberapa rasa penasaran. Misalnya, di era serba digital ini, apa rekaman fisik masih diminati? Atau, apakah masih ada penyanyi atau band yang memproduksi karya mereka via rekaman fisik?

Bisnis Album Rekaman Fisik Online

Bisnis Album Rekaman Fisik Online

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan langsung terjawab begitu Anda mulai mengenal dan memahami seberapa menariknya pasar album rekaman fisik akhir-akhir ini. Geliat dari pasar album rekaman fisik ini telah menunjukkan tanda-tandanya beberapa tahun lalu. Di tengah gempuran link-link mp3 yang bisa diunduh secara gratis, masih banyak penyanyi atau band yang memproduksi album rekaman fisik. Rata-rata dalam format cakram digital dan diedarkan dengan stok terbatas.

Puncaknya terjadi dalam scene indie, yang dikenal sangat gigih untuk berkarya dan memproduksi album meski menghadapi industri-industri rekaman yang besar. Sebagian band indie lokal justru tetap memproduksi CD, dan bahkan kaset. Fenomena yang mengesankan pun tak terhenti sampai di situ karena perlahan beberapa album musik berbentuk vinyl atau piringan hitam mulai muncul di pasaran.

Hal yang sungguh mencengangkan karena harga dari piringan hitam sendiri sangat mahal. Tapi yang lebih gila lagi adalah fakta bahwa harga kaset dan CD pun ternyata bisa sangat tinggi apalagi jika tergolong jarang dan sangat layak koleksi.


Pasar dari produk album rekaman fisik itu pun bisa dipastikan, yaitu para kolektor. Dulu, barang-barang seperti vinyl, kaset, dan bahkan CD produksi tahun-tahun lama bisa ditemukan di pasar-pasar loak. Rata-rata harganya pun sangat miring di masa itu. Namun ketika beberapa album rekaman fisik yang langka dan fenomenal muncul di Facebook, meledaklah pasar album rekaman fisik di internet.

Tapi jika sekiranya hendak memulai bisnis ini, apakah sasarannya cuma para kolektor? Tentu saja tidak. Sejak tren mengoleksi album rekaman fisik muncul di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, mulai banyak para penggemar musik yang akhirnya kembali ke rekaman fisik. Alasannya sederhana, album rekaman berbentuk fisik jelas benar-benar nyata alias bisa dipegang, dibuka-buka sampul dan bookletnya, dan tentu saja dimainkan di alat pemutar musik. Kualitas suaranya pun relatif dan konon malah jauh lebih bagus dan jernih jika mendengarkan musik dari vinyl.

Cara promosi dan pemasarannya pun semakin mudah berkat teknologi internet. Tengok saja di internet sekarang ini, dan ketik beberapa kata kunci seperti jual kaset, CD, atau vinyl. Akan banyak daftar nama penjual online yang bisa Anda jumpai. Nah, jika Anda berminat untuk merintis bisnis ini, mereka adalah calon pesaing Anda.

Lalu, apa yang bisa dilakukan? Pertama-tama lakukan suvey dulu dari apa yang selama ini kerap dicari oleh para kolekter atau pecinta musik. Proses hunting bisa dilakukan di mana saja, khususnya di pasar-pasar loak. Namun syaratnya adalah Anda bisa mengecek dan mengetes kualitas suara dari album-album tersebut. Dengan kata lain, Anda wajib punya media pemutar album rekaman musik tersebut.

Promosi juga bisa dikemas secara eksklusif, alias terbatas. Mungkin dengan hanya membuat akun Instagram dan rajin posting di situ. Alasannya karena pasar di Facebook semakin ramai dan sulit untuk memilah segmentasi yang tepat. Nah, silakan mempertimbangkan pilihan bisnis ini, apalagi jika Anda termasuk penggemar musik dan album fisiknya.

Belajar sb1m yuk