header 728 x 90 3

Berbagai Hal Penting yang dibutuhkan dalam Usaha Furniture

Berbagai Hal Penting yang dibutuhkan dalam Usaha Furniture – Dalam memulai sebuah bisnis ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para calon pengusaha termasuk jenis usaha apa yang tepat dengan prospek yang bagus. Menggeluti bisnis dibidang furniture termasuk yang memberikan peluang yang cukup besar, kebutuhan masyarakat pada perabotan rumah tangga maupun untuk melengkapi fasilitas kantor dapat dikatakan cukup tinggi. Bahan baku menjadi satu dari banyaknya faktor penting yang sangat mempengaruhi perkembangan bisnis ini, oleh karena itu tidak sedikit para pengiat bisnis furniture yang mempunyai kebun untuk  digunakan sebagai tempat tumbuh ribuan pohon yang nantinya akan diolah menjadi berbagai furniture dengan nilai jual tinggi.

Berbagai Hal Penting yang dibutuhkan dalam Usaha Furniture

Berbagai Hal Penting yang dibutuhkan dalam Usaha Furniture

Sebenarnya apa sajakah yang dibutuhkan untuk memulai bisnis furniture? Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah berbagai hal penting yang harus diperhatikan oleh para calon pengusaha furniture yaitu:

  • Target pasar

Perbedaaan kemampuan atau tingkatan ekonomi dikalangan masyarakat, membuat Anda harus menentukan target pasar yang akan dibidik karena model dan kualitas produk sangat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian masyarakat sekitar. Masyarakat cenderung berbelanja berdasarkan kemampuan ekonominya, oleh karena itu pemilihan lokasi juga dapat mempengaruhi perkembangan usaha Anda. Selain itu perekonomian warga yang meningkat juga berpeluang mendatangkan calon konsumen yang mampu membeli produk tersebut. Berdasarkan ruang lingkup dan kebutuhannya, target pasar dapat dibedakan kedalam kelompok yaitu Individu, restoran, hotel, kantor, kafe dll.

Setelah menemukan pasar yang akan dituju langkah selanjutnya adalah mengetahui mengenai produk furniture yang sedang terkenal dan terlaris dipasaran. Hal ini dapat memberi keuntungan tersendiri pada bisnis Anda dimana kemungkinan besarnya furniture dapat terjual lebih mudah dan cepat, selain juga agar dapat melakukan kontrol para proses produksinya.


  • Galeri atau showroom

Keberadaan Galeri atau showroom menjadi bagian terpenting dalam bisns ini, hal ini dikarenakan tempat ini digunakan untuk memajang berbagai produk yang akan ditawarkan, sehingga konsumen pun akan lebih leluasa dalam memilih produk yang sedang dibutuhkannya. Namun begitu pada beberapa kasus ada kalanya keberadaan showroom juga tidak begitu diperlukan, salah satunya adalah jika produksi furniture tersebut dimaksudkan untuk keperluan ekspor, biasanya para importir lebih tertarik untuk melihatnya pada display workshop. Mereka hanya datang untuk menentukan model, kualitas, warna kuantitas, dan Anda hanya tinggal mengerjakan pesan berdasarkan keinginan tersebut. Selain sebuah showroom bisnis ini juga perlu memiliki pabrik sederhana untuk proses produksi dan gudang untuk menyimbahn berbagai bahan mentah, bahan finishing dan atat-alat perkakas. Ruangan yang berfungsi sebagai kantor juga sangat diperlukan.

Akan lebih baik jika mempunyai tempat sendiri dibandingkan dengan menyewa sebuah tempat, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan jika harus sewa. Biaya sewa untuk lahan yang berada di kota, biasanya dipatok dengan harga yang lebih mahal, biaya ini akan semakin tinggi dengan adanya gaji tenaga kerja yang juga relatif mahal. Namun jika menyewa lahan di desa pastinya akan lebih murah begitu juga dengan tenaga kerjanya namun hal ini bukan berarti Anda terbebas dengan pengeluaran yang tinggi karena ada biaya tambahan untuk promosi ke kota serta transportasi. Sebagai solusinya Anda dapat memanfaatkan rumah sendiri terutama jika rumah tersebut berdiri di lokasi yang strategis.

  • Ketersediaan material dan alat-alat yang diperlukan

Secara umum, banyak para pengusaha furniture yang lebih tertarik menggunakan kayu sebagai bahan baku pembuatan furniture dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan seperti lebih terlihat klasik dengan warna dan seratnya sampai dilhat dari kekuatannya. Sementara bahan pendukung lainnya adalah mesin gergaji, mata gergaji, mesin serut, mata bor, dan mesin produksi lainnya. Untuk bahan yang diperlukan diantanya adalah cat, amplas, pernis dan bahan finishing.

Belajar sb1m yuk