header 728 x 90 3

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Membangun Bisnis Online Bagi Pemula – Saat ini membuka onlineshop menjadi pilihan banyak orang untuk membangun kerajaan bisnisnya, walaupun dilakukan di dunia maya namun penghasilan yang diperoleh sangatlah nyata. Seiring dengan semakin maraknya bisnis online kemampuan dalam mengelola bisnis ini pun semakin serius di garap agar dapat bersaing dengan mereka yang sudah mahir dalm menjalankan bisnis onlinenya. Bagi Anda yang hendak membuka bisnis baru dengan media internet ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu:

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Alamat toko

Sama seperti toko offline, toko online juga harus memiliki alamat yang akan dikunjungi oleh para shopher, hanya saja alamat toko online berbeda dengan toko offline. Domain dan hosting menjadi alamat bagi toko online Anda dan menjadikannya dapat dikunjung oleh calon konsumen Anda.  Anda bisa memilih domain dan hosting yang gratis atau yang berbayar. Jika anda memilih domain yang gratis maka Anda akan menemukan subdomain dalam nama pilihan Anda.

Informasi

Karena semua barang yang dijual di dalam toko online pada dasarnya tidak bisa di sentuh maupun dicoba maka akan lebih baik, pemilik toko online mencantumkan informasi mengenai produk yang hendak dijualnya secara lengkap dan mudah dipahami terutama mengenai ukuran serta bahan yang digunakan karena foto saja tidak cukup mendeskripsikan mengenai keadaan produk. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan informasi ini adalah gunakan warna dan tulisan yang standart agar mudah dimengerti dan nyaman ketika membacanya. Buatlah informasi yang lengkap tersebut dengan jelas dan singkat agar mudah dipahami oleh calon konsumen Anda, informasi yang lengkap tidak memerlukan tulisan yang panjang bukan? apalagi jika tulisan tersebut sampai menutupi gambar.

Costumer service

Costumer service atau call center berperan sebagai penghubung lancarnya kegiatan transaksi jual beli, komunikasi yang lancar memberi keuntungan bagi Anda salah satunya lebih mudah dalam melakukan promosi. Selain itu costumer service juga merupakan wadah bagi konsumen untuk menyampaikan berberbagai keluhan mengenai barang yang dibelinya seperti barang yang tertukar, barang yang datang tidak sesuai keinginan konsumen seperti ukuran dan warna misalnya atau mengenai kejelasan barang yang tidak kunjung datang. Costumer service juga dapat menjadi media bagi konsumen yang ingin mengkonsultasikan kembali mengenai kondisi barang yang hendak di belinya karena informasi yang Anda sediakan dirasanya kurang jelas atau kurang dimengerti konsumen. Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen setiap saat, membuat kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda ini terjaga dengan baik kondisi ini dapat membuat Anda memiliki pelanggan tetap. Fasilitas yang Anda gunakan adalah email, telepon maupun fasilitas chatting di media sosial.


Promosi

Promosi termasuk kedalam salah satu bagian terpenting dalam sebuah bidang usaha baik itu offline maupun online, produk dengan kualitas yang baik akan percuma saja jika promosinya kurang karena tidak ada yang berkunjung. Anda memilki banyak pilihan untuk melakukan promosi salah satunya adaalah dengan membuat artikel yang SEO atau Search Engine Optimiza. SEO merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan visibilitas halaman website oleh mesin pencari, terutama oleh Google dan berpeluang membuat halaman website berada dihalaman utama sehingga membuat website dikunjungi oleh banyak visitor.

Regulasi Distribusi Barang yang akan dijual

Bidang usaha online menjadi sangat dekat hubungannya dengan jasa kurir dalam hal pengiriman barang yang dipesan konsumen. Beberapa jasa kurir yang banyak di gunakan adalah PT. Pos Indonesia, JNE, TIKI untuk pengiriman dalam negeri, sedangkan untuk pengiriman hingga ke luar negeri jasa kulir yang populer digunakan adalah DHL serta FedEx.

Alat Pembayaran yang dipilih

Semakin banyaknya aktivitas jual beli dengan tidak bertatap muka langsung, turut membuat media pembanyaran tidak kalah populer. Saat ini Anda diberikan banyak pilihan dalam memilih alat pembayaran mulai dari menggunakanan no rekening maupun dengan menggunakan uang virtual salah satunya adalah Paypal yang populer dengan istilah “bank di dunia maya” ini.

Belajar sb1m yuk