header 728 x 90 3

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner dan Mempromosikannya via Online

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner dan Mempromosikannya via Online – Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Ada saja kreasi kuliner baru yang dapat dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak. Bisnis kuliner memiliki prospek yang cukup bagus. Hal ini karena setiap orang membutuhkan makanan. Apalagi di jaman modern ini, banyak orang yang memilih membeli makanan olahan daripada memasak sendiri. Kepraktisan adalah alasan utama mereka lebih memilih membeli makanan olahan.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner dan Mempromosikannya via Online

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kuliner dan Mempromosikannya via Online

Berdasarkan sebuah penelitian, pemilik UKM di bidang makanan memiliki penghasilan yang lebih tinggi dari UMR. Dengan penghasilan ini, banyak ibu-ibu pemilik UKM yang bergerak di bidang kuliner berhasil menyejahterakan keluarganya. Jika kamu tertarik menjalankan usaha ini , jangan segan-segan memulainya. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memulainya.

Memilih bisnis kuliner yang tepat

Ada berbagai macam bisnis kuliner yang kamu jalankan. Namun, tidak semuanya cocok untuk kamu. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Berikut beberapa kategori bisnis kuliner yang dapat kamu pilih.

–                      Bisnis makanan pokok sehari-hari


Beberapa contoh bisnis kuliner ini adalah warung makan sederhana, warteg, rumah makan padang, dan warung gudeg.

–                      Bisnis makanan pengganti makanan pokok

Contohnya adalah kedai bakso, mie ayam, soto, bubur ayam, dan sate.

–                      Bisnis makanan jajanan

Beberapa contoh bisnis ini adalah berjualan gorengan, batagor, siomay, jajan pasar, dan aneka kue.

–                      Bisnis minuman

Contohnya es campur, es juice, dan es kelapa muda.

Cara memulai bisnis kuliner

Untuk memulai bisnis ini, tentu saja kamu harus memiliki modal yang cukup. Kamu dapat meminjamnya dari bank atau koperasi. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sama dengan rekanan untuk memperoleh modal. Jika kamu hanya memiliki modal kecil, kamu tak perlu kawatir. Mulailah usaha dengan sekala kecil dan sisihkan keuntunganmu sedikit demi sedikit untuk mengembangkan modal dan bisnis.

Selain itu, kamu harus memilih lokasi yang tepat dan strategis. Walaupun begitu, jangan sampai modal yang kamu miliki habis untuk menyewa tempat. Beberapa alternatif lokasi yang dapat kamu pilih adalah lokasi yang dekat dengan gedung perkantoran, sekolah, atau kampus. Kamu juga dapat menjualnya secara online jika memungkinkan. Untuk mengembangkan usaha kuliner yang sukses, kamu juga harus memiliki SDM yang berpengalaman dan memiliki performa yang baik.

Cara memasarkan bisnis kuliner lewat internet

Selain mempromosikan produk kulinermu lewat offline, seperti pamphlet dan banner, kamu juga harus mempromosikannya lewat online. Online marketing menawarkan beberapa keuntungan tersendiri. Cara promosi yang satu ini mampu menjangkau audiens yang lebih banyak dan lebih luas.

Salah satu online marketing adalah dengan cara blogging. Kamu dapat membuat blog dengan tema kuliner. Isilah blogmu dengan artikel-artikel berguna dan beberapa promosi. Kamu dapat membuat artikel-artikel tentang resep makanan dan tips memasak. Dengan artikel-artikel yang berguna tersebut, banyak orang akan tertarik mengunjungi blog kamu. Sehingga promosi-promosi yang kamu post di dalam blog akan dilihat banyak orang.

Selain melalui blog,kamu juga dapat mempromosikan bisnis kulinermu lewat Facebook atau sosial media lainnya. Kamu dapat mem-posting konten yang bermanfaat, menu hari itu, atau foto produk kuliner yang dapat di order secara online. Pastikan foto yang kamu unggah menarik dan membuat orang ingin memakannya. Dalam melakukan sosial media marketing, pastikan postinganmu tidak terlalu berbau promosi dan spammy.

Belajar sb1m yuk