header 728 x 90 3

6 Poin Penting dalam Mengembangkan Bisnis Toko Bunga

6 Poin Penting dalam Mengembangkan Bisnis Toko Bunga – Usaha yang berawal dari hobi memang bukan hal baru di dunia bisnis. Namun, perkembangan di dunia teknologi membuat bisnis ini menjadi tren lagi selama beberapa tahun terakhir. Penggiatnya bukan lagi dari kalangan orang tua, tetapi para pemuda yang masih sekolah dan kuliah. Salah satu bisnis berbasis hobi yang masih tren dan digemari sampai sekarang adalah toko bunga (florist). Bunga dibutuhkan dalam berbagai aktivitas, mulai dari hiasan hingga karangan untuk pernikahan.

6 Poin Penting dalam Mengembangkan Bisnis Toko Bunga

6 Poin Penting dalam Mengembangkan Bisnis Toko Bunga

Setidaknya, ada enam poin yang harus Anda perhatikan sebelum membuka toko bunga, antara lain:

  • Benar-benar Menggemari Hobi Tersebut

Bukan sekadar tertarik dan melihat ada peluang besar saja, tetapi Anda harus menggemari hobi tersebut. Sebagian besar hobi pasti datang dari rasa suka dan ketekunan untuk mengembangkannya. Selain itu, Anda bisa mendampinginya dengan belajar bisnis seputar toko bunga. Jika Anda hanya fokus terhadap keuntungan saja, usaha florist Anda pasti hanya bertahan sebentar. Bahkan Anda bisa tertekan atau stres saat menghadapi masalah dalam bisnis tersebut.

  • Memahami Seluk-beluk Tentang Bunga

Karena akan mengembangkannya jadi bisnis, maka Anda juga harus memahami pengetahuan seputar bunga. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan selain cara memelihara yang benar. Antara lain asal-usul, komponen penunjang seperti pupuk, hingga penyakit yang kerap menjangkiti bunga tersebut. Anda lalu dapat menginformasikannya pada konsumen yang akan membeli bunga dari toko. Pemahaman yang bagus akan membuat konsumen puas dan merekomendasikan florist Anda pada teman-temannya.


  • Tidak Takut untuk Terus Berinovasi

Tingginya persaingan dalam dunia bisnis harus disiasati dengan sebuah inovasi. Meski toko bunga tidak sepopuler bisnis kuliner, tetapi Anda tetap harus menciptakan hal-hal baru untuk menarik perhatian para konsumen. Untuk menciptakan inovasi, Anda membutuhkan daya imajinasi tinggi dan tak terbatas. Salah satu contohnya adalah memadukan warna dari bunga-bunga khas Indonesia. Namun, pastikan inovasi yang Anda buat punya nilai jual, bukan out of the box saja.

  • Mempunyai Kreativitas yang Tinggi

Ekonomi kreatif adalah program terbaru yang sedang dijalankan pemerintah Indonesia. Sesuai namanya, Anda memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi dan tak terbatas untuk menjalankan bisnis. Apalagi, kita akan berhadapan dengan Masyarakan Ekonomi Asean. Sehingga, Anda perlu menciptakan ide-ide kreatif untuk toko bunga dan tidak kalah saing dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda siap bersaing dengan pebisnis dari dalam maupun negara-negara Asean nantinya.

  • Menjaga Sikap di Depan Pelanggan

Anda mungkin akan punya asisten yang nantinya melayani konsumen. Namun, ada saat-saat Anda harus berhadapan sendiri dengan mereka, terutama kalau florist Anda masih berskala kecil. Maka dalam hal ini, Anda harus bisa menjaga sikap di depan pelanggan meski mereka bertingkah menyebalkan. Sikap sopan dan ramah adalah kunci dari kepuasaan pelanggan. Selain nyaman, konsumen akan merasa dipahami dan kembali datang ke toko bunga Anda sebagai pelanggan tetap.

  • Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Bunga sudah sejak lama menjadi media untuk mengekspresikan perasaan. Mulai dari cinta hingga duka cita. Pahami dengan cepat dan baik kebutuhan pelanggan saat mereka berkonsultasi dengan Anda. Jika mereka ingin bunga yang akan diberikan untuk pasangan, maka berikan rekomendasi yang tepat. Anda dapat memberi beberapa jenis bunga serta informasinya dan beri waktu bagi pelanggan untuk memilih. Pemahaman akan kebutuhan pelanggan merupakan nilai plus dari seorang pebisnis.

Belajar sb1m yuk