header 728 x 90 3

6 Aplikasi Android dan iOS untuk Menunjang Bisnis Online

6 Aplikasi Android dan iOS untuk Menunjang Bisnis Online – Di era teknologi canggih, ponsel pintar atau smartphone punya banyak peran selain alat komunikasi. Salah satunya menjadi perangkat untuk berbisnis, terutama yang berbasis online. Anda yang sedang atau akan menjalankan usaha ini tentu harus tahu cara mengoptimalkan fungsi ponsel pintar. Memakai aplikasi yang tepat misalnya dapat menunjang bisnis online Anda supaya bisa sukses. Pastikan Anda tahu aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

6 Aplikasi Android dan iOS untuk Menunjang Bisnis Online

6 Aplikasi Android dan iOS untuk Menunjang Bisnis Online

Di bawah ini ada beberapa aplikasi untuk iOS dan Android yang bisa dipakai untuk bisnis online.

  • Google Sheet

Spreadsheet sangat dibutuhkan untuk mendata pengelolaan keuangan selama berbisnis. Selama ini, Anda mungkin hanya memakai Microsoft Excel atau program sejenis dan harus dikerjakan lewat PC. Kini, Anda dapat menjalankannya lewat ponsel pintar dengan Google Sheet. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengakses spreadsheet di mana saja melalui ponsel pintar. Selain itu, spreadsheet dalam aplikasi ini dapat disunting secara online oleh lebih dari satu orang.

  • Evernote

Aplikasi penyunting dokumen sangat dibutuhkan bagi pegawai kantoran atau pebisnis. Anda, sebagai pengusaha masa kini, dapat mengunduh Evernote dari ponsel pintar. Aplikasi ini sudah cukup populer dan masih sering dipakai untuk menyunting atau menyimpan dokumen. Mengandalkan cloud sebagai data penyimpanan, Evernote dapat menjadi tempat back up atau ruang penyimpanan alternatif kalau data bisnis di PC, laptop, atau ponsel pintar Anda hilang.


  • Aplikasi Banking

Mengikuti perkembangan teknologi, banyak bank yang merilis aplikasi banking berbasis Android dan iOS. Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis online tentu wajib mengunduh aplikasi ini. Ada banyak aplikasi banking yang tersedia dan Anda tinggal piilih aplikasi dari bank yang jadi mitra kerja. Keuntungan dari aplikasi banking adalah menghindari Anda dari antrean panjang di bank. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transaksi dengan konsumen secara cepat.

  • Skype

Anda pasti sudah familier dengan aplikasi ini. Skype pada awalnya dipakai sebagai alat komunkasi yang mengandalkan video call. Aplikasi ini menonjolkan kemampuan interaksi tak terbatas, sehingga Anda bisa melakukan chatting atau video call dengan teman di seluruh dunia. Kini, Anda bisa memanfaatkan poin tersebut untuk melakukan bisnis online. Apalagi, kalau usaha Anda mulai merambah ke luar pulau hingga luar negeri. Skype juga mencegah Anda dari biaya telepon internasional yang mahal.

  • Facebook

Seperti Skype, Facebook awalnya dipakai sebagai wadah untuk bersosialisai. Sekarang, jejaring sosial ini telah menjadi salah satu media terbaik untuk berbisnis. Mengapa? Karena Facebook menyediakan semua kebutuhan untuk promosi hingga pelayanan terhadap konsumen. Dalam fitur Fanpage, Anda bisa mengunggah profil, foto produk, hingga kontak untuk transaksi. Selain itu, masih banyak orang yang menggunakan Facebook, sehingga target pasar Anda semakin luas.

  • Dropbox

Ruang penyimpanan (file storage) kini tidak hanya dalam hard disk saja, tetapi juga ada dalam format online. Dropbox merupakan salah satu aplikasi populer yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data seperti dokumen atau foto secara online. Disebut juga dengancloud storage, kapasitas yang disediakan Dropbox untuk menyimpan data penting Anda adalah 18 GB. Anda tidak perlu cemas dengan keamanannya, karena aplikasi ini juga menyediakan pengaturan privasi.

Itulah enam aplikasi yang bisa Anda pakai untuk menunjang bisnis online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan diterapkan untuk usaha Anda.

Belajar sb1m yuk