header 728 x 90 3

5 Peluang Bisnis Menguntungkan di Bidang Musik

5 Peluang Bisnis Menguntungkan di Bidang Musik – Bisnis berbasis minat atau hobi adalah salah satu jenis usaha yang sedang tren. Sebagian penggiatnya adalah kalangan muda yang ingin berbisnis dengan modal terbatas. Termasuk bisnis dalam bidang musik yang terbilang sukses karena mempunyai target pasar yang luas. Maka tak heran kalau banyak orang, termasuk para musisi, memanfaatkan bidang ini sebagai investasinya di masa depan.

5 Peluang Bisnis Menguntungkan di Bidang Musik

5 Peluang Bisnis Menguntungkan di Bidang Musik

Anda salah satu orang yang punya hobi atau bakat dalam bidang musik? Di bawah ini ada beberapa ide peluang bisnis berbasis hobi yang bisa dikembangkan.

  • Menjual Rilisan Fisik Langka

Bagi penggemar kelompok musik atau penyanyi solo, rilisan fisik adalah benda wajib yang harus dimiliki. Meski sekarang rilisan digital lebih mendominasi, masih banyak orang yang mencari dan berburu rilisan fisik. Salah duanya adalah kaset dan piringan hitam yang terbilang sulit dicari. Anda yang mempunyai koleksi rilisan fisik langka tersebut lantas bisa menjualnya dengan harga cukup tinggi. Bahkan ada yang rela menggelontorkan uang cukup banyak demi kaset atau piringan hitam yang sudah sulit dicari. Anda dapat memasarkannya secara online atau membuka toko sendiri.

  • Kursus Vokal atau Alat Musik

Dalam hal ini, Anda tidak harus menjadi guru dahulu selama mempunyai keterampilan dalam bermusik. Di sisi lain, Anda harus memahami hal-hal berbau teori dalam dunia musik. Modal bisnis ini memang terbilang besar, apalagi kalau Anda ingin membangun kursus keterampilan alat musik. Namun, Anda tak perlu cemas karena ada cara yang bisa digunakan tanpa meminjam uang dari bank. Salah satunya ialah mengajak teman-teman Anda yang sesama musisi untuk patungan membangun kursus ini. Pastikan juga mereka tertarik untuk mengembangkan usaha ini bersama-sama.


  • Memasarkan Merchandise

Selain rilisan fisik, merchandise seperti baju bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dalam hal ini, Anda bisa mengajak musisi atau band yang bersangkutan untuk menjalankan usaha ini. Sebab, para penggemar biasanya lebih tertarik dengan merchandise asli atauofficial. Anda juga harus mencari konveksi baju yang bagus dengan harga yang terjangkau. Sehingga nantinya, Anda tidak perlu menjual merchandise dengan harga mahal, tetapi mendapat untung yang lumayan besar. Selain baju, Anda pun bisa menjual barang lain seperti stiker atau totebag.

  • Membuka Toko Alat Musik

Jika Anda punya modal yang sangat besar, membuka toko alat musik bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan. Beberapa alat musik yang paling banyak dicari antara lain gitar, piano, keyboard, drum, dan alat musik modern lainnya. Namun, ada juga orang-orang yang mencari alat musik tradisional seperti seruling dan angklung. Semakin variatif alat musik yang Anda jual, semakin banyak pula konsumen yang datang. Namun, Anda juga harus tahu dan memahami cara menggunakan alat-alat musik tadi. Sebab, para konsumen biasanya akan menguji alat musik tersebut di tempat

  • Membuat Situs Rilisan Digital

Tahukah Anda bahwa setiap orang mengunduh 13,000 lagu digital dari situs iTunes? Bisa dibilang kalau iTunes merupakan tempat penjualan musik digital yang paling menguntungkan. Apalagi di zaman serba canggih seperti sekarang, penggemar lebih suka menikmati musik lewat laptop atau ponsel pintar mereka. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis dengan membuat situs penjualan musik seperti iTunes. Selain itu, Anda juga harus tahu cara menarik konsumen di Indonesia yang lebih suka gratisan untuk beli rilisan digital asli.

Belajar sb1m yuk