header 728 x 90 3

5 Ide Peluang Usaha di Daerah Pedesaan

5 Ide Peluang Usaha di Daerah Pedesaan-Peluang usaha tidak harus diperoleh di kota. Meskipun di lingkungan pedesaan, Anda juga bisa menemukan banyak peluang untuk berbisnis. Orang desa bukan berarti tidak membutuhkan bantuan orang untuk mencukupi kebutuhan mereka, bukan? Namun, Anda memang harus jeli dalam memilih peluang usaha ini. Lalu, usaha-usaha apa saja yang menjanjikan didirikan di pedesaan? Artikel ini akan membahasnya hingga tuntas.

  1. Berjualan Pulsa Elektrik

Saat ini, handphone bukan barang asing lagi. Hampir setiap orang mempunyai handphone, mulai dari kalangan bawah hingga atas. Orang desa maupun kota pun tidak ketinggalan untuk hal yang satu ini. Dan, satu hal yang pasti diperlukan bagi orang yang mempunyai handphone adalah pulsa. Oleh karena itu, meskipun berada di pedesaan, kebutuhan masyarakat akan pulsa sangatlah tinggi. Nah, Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuka usaha. Berjualan pulsa elektrik akan tetap berjalan selama di sekitar Anda masih ada yang menggunakan handphone.

  1. Membuka Toko Kelontong

Pada umumnya, masyarakat pedesaan membeli kebutuhan sehari-hari di kota dalam waktu tertentu. Sebenarnya, hal ini sangat merepotkan, karena harus melakukan perjalanan jauh dan yang pasti mengeluarkan uang untuk transportasi. Nah, Anda bisa membantu mereka untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari tersebut dengan membuka toko kelontong. Asal Anda bisa menetapkan harga yang murah dan wajar di pedesaan, sudah bisa dipastikan usaha Anda tersebut bisa berkembang dengan pesat.

  1. Membuka Usaha Menjahit

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Hampir setiap tahun, orang ingin membutuhkan pakaian baru, entah untuk berlebaran maupun untuk seragam. Nah, jika Anda mempunyai keahlian dalam hal menjahit, bisa memanfaatkan peluang ini. Membuka usaha menjahit sangat cocok di daerah pedesaan yang notabene tidak banyak penjual pakaian dengan harga murah. Dalam hal ini, Anda hanya membutuhkan mesin jahit dan keterampilan menjahit. Kemampuan Anda dalam membuat model baju terbaru juga bisa semakin mengembangkan usaha Anda ini.


  1. Beternak Hewan

Pada umumnya, di pedesaan banyak tersedia lahan yang luas. Hal ini sangat cocok untuk beternak hewan. Tak heran jika beternak hewan menjadi bisnis primadona di pedesaan. Anda pun bisa mengambil peluang ini. Memang dibutuhkan modal cukup besar untuk membuka usaha ini yang digunakan untuk membeli hewan yang akan diternak. Namun, biaya ini bisa ditekan dengan membeli hewan yang masih kecil. Setelah itu, pelihara dengan baik. Manfaatkan tanah kosong yang ada di pedesaan untuk mendapatkan makanan ternak. Setelah cukup umur dan gemuk, jual kembali hewan peliharaan Anda tersebut. Jika beternak kambing atau sapi, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda saat hari raya Idul Adha tiba.

  1. Budi Daya Ikan

Setali tiga uang dengan beternak hewan, melakukan budi daya ikan di pedesaan juga menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Luasnya lahan di pedesaan bisa dijadikan sebagai tempat untuk membudidayakan ikan. Ada banyak ikan yang bisa Anda budidayakan, seperti ikan nila, gurami, lele, dan masih banyak lagi. Untuk menjual hasil budi daya pun tidak sulit. Saat ini, banyak tempat makan atau restoran yang menyajikan menu khusus ikan. Anda bisa menjualnya langsung kepada mereka. Selain itu, ada juga pengepul ikan yang bisa Anda jadikan sebagai sasaran penjualan Anda. Tata cara budi daya pun sudah bisa diperoleh banyak orang dengan mudah, baik melalui penyuluhan, buku-buku, maupun artikel di internet.

Itulah 5 bidang usaha yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis Anda.

 

Belajar sb1m yuk