header 728 x 90 3

5 Cara Mengembangkan Bisnis Penjualan Komputer

5 Cara Mengembangkan Bisnis Penjualan Komputer – Seiring perkembangan teknologi, keberadaan personal computer atau komputer mulai tersingkirkan. Sebagian besar orang lebih memilih laptop atau tablet yang harganya lebih murah dan praktis. Meski begitu, masih ada bebapa orang dan instansi yang menggunakan komputer untuk bekerja. Selain itu, target pasar yang masih luas dapat menjadi peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis komputer. Lantas, bagaimana caranya agar usaha perangkat elektronik ini bisa berkembang pesat?

5 Cara Mengembangkan Bisnis Penjualan Komputer

5 Cara Mengembangkan Bisnis Penjualan Komputer

  1. Menjual Komputer Baru dari Merek Terkenal

Masyarakat Indonesia ternyata punya kecenderungan untuk membeli barang-barang terbaru. Anda bisa membuka usaha komputer dengan menjajakan produk-produk teranyar. Sebab, sebagian orang kini lebih memilih untuk membeli laptop dibandingkan komputer lama atau bekas. Mengikuti tren terkini dapat membuat orang-orang berpikir kembali kalau diberikan opsi komputer baru dan laptop baru.

Perlu Anda ingat bahwa komputer masih mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan laptop. Misalnya saja spesifikasi yang lebih lengkap dan tidak membutuhkan baterai, sehingga tidak perlu charging. Jadi, tidak ada salahnya menjual komputer-komputer baru dari merek-merek terkenal.

  1. Memilih Komputer dengan Spesifikasi Teranyar

Selain produk terkini, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi pada komputer. Sebagian orang yang mengerti tentang perangkat elektronik akan memperhatikan hal tadi. Terutama bagi mereka yang amat menggantungkan pekerjaan pada komputer dan tidak bisa asal membeli perangkat. Spesifikasi yang tak sesuai akan berpengaruh juga terhadap performa kerja mereka.


Maka dari itu, Anda harus mengikuti perkembangan komputer dan komponennya. Anda juga jangan melupakan model komputer terkini yang sedang digemari banyak orang. Seperti halnya ponsel, sebagian besar konsumen akan lebih memilih model terbaru dibandingkan model-model lama yang ketinggalan zaman.

  1. Menyediakan Produk dan Layanan Tambahan

Secara garis besar, komputer dan laptop punya fungsi yang hampir sama. Jika Anda punya modal lebih atau bisnis komputer berkembang cukup baik, tambahkan produk dan layanan lainnya. Misalnya, Anda dapat menjual iPad dan laptop yang sering dicari oleh para konsumen. Anda juga dapat menyediakan aksesori seperti laptop case, mouse, dan anti-gores.

Layanan tambahan seperti servis komputer pun bisa menjadi daya tarik agar konsumen datang ke gerai Anda. Dalam hal ini, Anda tentunya harus memahami terlebih dahulu tentang reparasi komputer. Jika Anda belum atau tidak sanggup melakukannya, Anda dapat mengajak teman yang ahli untuk menjadi rekan kerja di gerai.

  1. Melakukan Pemasaran Melalui Toko Online

Bukan hanya model dan spesifikasi terbaru, Anda pun harus melek dengan cara pemasaran yang tengah tren. Salah satunya adalah membuka toko online dengan memanfaatkan media sosial yang sesuai. Anda bisa menggunakan Fanpage di Facebook atau membuat blog di Blogspot atau WordPress. Supaya calon konsumen semakin tertarik, unggah foto-foto produk terbaru dengan kualitas yang bagus.

Selain itu, jalin juga hubungan yang bagus dengan konsumen melalui dunia maya. Misalnya, Anda jawab pertanyaan seputar produk dan menanggapi feedback tentang pelayanan. Jangan lupa sertakan alamat toko offline Anda dan kontak yang bisa dihungi oleh para calon konsumen.

Untuk toko offline, Anda bisa memilih tempat seperti pusat jual-beli alat elektronik yang sering dikunjungi banyak orang. Namun, kalau modal yang dimiliki tidak terlalu besar, Anda bisa membuka gerai komputer di rumah. Demikian informasi seputar bisnis komputer dan perangkat lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

Belajar sb1m yuk