header 728 x 90 3

5 Barang yang Harus Dibeli Sebelum Bisnis Konveksi Rumahan

5 Barang yang Harus Dibeli Sebelum Bisnis Konveksi Rumahan-Bagi Anda yang saat ini sedang kebingungan mencari bisnis yang sesuai dengan hobi dan minat Anda dalam hal fashion, bisnis konveksi bisa menjadi salah satu alternatif yang cukup menjanjikan. Bisnis yang dapat dilakukan di rumah ini akan menjadi awal bagi bisnis fashion Anda selanjutnya. Peluang usaha ini sudah banyak dilakukan orang ketika mereka sedang buntu dengan permasalahan ekonomi dan pekerjaan. Bisnis konveksi rumahan dapat menjadi alternatif yang bagus.

Bisnis baju dengan label harga yang miring alias murah memang banyak dilirik orang. Bisnis ini dapat diawali dengan membuat sebuah business plan. Business ini harus disusun secara detail. Langkah awalnya adalah dengan mecari modal awal. Modal awal ini bisa ditekan seminim mungkin untuk memperoleh keuntungan yang logis.

Langkah selanjutnya adalah dengan membeli peralatan konveksi. Beberapa jenis peralatan konveksi di antaranya sebagai berikut.

  1. Mesin jahit high speed

Mesin jahit yang digunakan pada usaha konveksi berbeda dengan mesin jahit yang digunakan di rumah tangga. Mesin jahit untuk konveksi biasanya berbeda pada kecepatan menjahitnya. Selain itu, juga besarnya dinamo yang digunakan, pada usaha konveksi dynamo yang digunakan lebih besar dan kecepatan jahitan 5.000 jahitan per menit.


  1. Mesin jahit lubang kancing

Mesin jahit ini khusus dibuat untuk membuat lubang kancing sekaligus memotong sisa benang yang tertinggal dari proses menjahit. Harga mesin jahit ini terbilang paling mahal dibanding jenis mesin jahit lainnya. Hal tersebut disebabkan tingkat kerumitan mesin dan hasil kerjanya yang sempurna.

  1. Mesin jahit pasang kancing

Mesin ini khusus dibuat untuk memasang kancing secara otomatis pada titik kait baju. Penggunaan mesin ini terbatas pada kancing yang memiliki lubang di tengahnya dan minimal memiliki dua lubang.

  1. Setrika uap bahan bakar gas

Setrika uap bahan bakar gas ini menghasilkan panas yang sangat kuat dibandingkan jenis setrika biasa. Namun panasnya yang kuat tidak akan berbekas gosong atau meninggalkan noda pada pakaian karena panasnya berasal dari uap air. Kerah kemeja yang rapi harus disetrika oleh setrika jenis ini.

  1. Setrika uap listrik

Kapasitas panasnya lebih kecil dibanding setrika uap bahan bakar gas. Setrika ini menggunakan listrik ketika menggunakannya.

Langkah berikutnya setelah menyiapkan beberapa peralatan konveksi adalah mencari pegawai. Namun jika Anda masih belum mampu merekrut pegawai, Anda dapat menjalankannya sendiri sebagai langkah awal. Setelah beberapa waktu usaha tersebut berjalan, Anda dapat merekrut pegawai untuk membantu usaha itu.

Membuat desain yang menarik tentunya merupakan langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan dengan baik. Desain yang unik tentunya akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis konveksi di rumah. Biasanya dapat memperoleh inspirasi mengenai desain dengan berselancar di internet dan banyak membaca buku mengenai desain baju. Selain itu, Anda pun harus mengetahui tentang tren yang sedang terjadi saat ini.

Dalam business plan yang sedang disusun, sebaiknya Anda juga menyertakan sebuah plan mengenai packing produk itu kelak ketika konsumen memesan barang dari Anda. Hal tersebut penting karena jika packing tidak dilakukan dengan benar, Anda akan mengalami keluhan dari konsumen karena mereka menerima pesanan tidak dalam kemasan yang rapi atau baik.

Bisnis konveksi rumahan yang Anda jalankan memang dikatakan merupakan bisnis awal. Namun haruslah untuk tetap melihat pesaing. Bisnis ini merupakan bisnis yang dilirik banyak orang sehingga otomatis pesaing Anda pun makin banyak. Oleh karena itulah, melihat pesaing merupakan hal yang penting juga Anda pertimbangkan.

Meta desk: Usaha konveksi merupakan usaha yang bisa dijalankan di rumah. Namun sebelum memulai bisnis konveksi rumahan, tentunya harus membeli 5 barang ini. Apa sajakah itu?

 

Belajar sb1m yuk