header 728 x 90 3

4 Resiko yang Harus Dihadapi Saat Memilih Peluang Usaha

4 Resiko yang Harus Dihadapi Saat Memilih Peluang Usaha-Peluang usaha saat ini sebenarnya menjadi lebih luas dan terbuka bagi siapa saja yang memiliki keinginan untuk menambah penghasilan. Namun ternyata cukup banyak juga orang yang merasa kesulitan untuk memilih usaha yang tepat untuk dirinya dan pada akhirnya harus mengalami kegagalan dalam merintis usaha.

 

Ada cukup banyak penyebab kegagalan sebuah usaha, namun pada umumnya adalah karena kegagalan dalam mengantisipasi berbagai resiko dalam menjalankan usaha.

Seringkali kita memilih sebuah usaha hanya karena melihat teman atau keluarga yang telah sukses menjalaninya, padahal sebenarnya untuk memilih peluang usaha yang cocok untuk Anda perlu adanya survey atau riset sederhana baik pada target pasar yang dituju maupun kapasitas dan kemampuan diri sendiri untuk menjalankan usaha tersebut nantinya. Dibawah ini akan kami bagikan informasi tentang 4 resiko yang harus dipelajari saat akan memililh peluang usaha yang cocok untuk Anda.

 

 

4 Resiko yang Harus Dihadapi Saat Memilih Peluang Usaha


  1. Resiko Pendanaan

Resiko yang dimaksud disini adalah resiko keuangan yang berkaitan dengan ketersediaan modal dan biaya operasional, dimana para pengusaha pemula biasanya menggunakan dana pribadi atau pinjaman dari lembaga keuangan. Hal yang perlu Anda pahami adalah jangan sampai Anda terjebak dalam cash flow negatif akibat kesalahan memprediksi target pasar dan keuntungan. Sebaiknya untuk usaha awal kualitas produk dan harga yang wajar menjadi target utama Anda agar dapat cepat menarik perhatian calon konsumen.

  1. Resiko Ketahanan Produk

Umumnya masyarakat memiliki sifat penasaran untuk mencoba produk baru, maka Anda sebaiknya memperhitungkan kualitas produk dan berapa lama produk tersebut bisa bertahan. Sebaiknya pilihlah produk atau jasa yang dibutuhkan atau disukai semua orang dan memiliki waktu kadaluarsa yang lama, agar dapat dijual dalam waktu lama dan tidak menyebabkan kerugian yang terlalu besar bila ternyata tidak laku dipasaran.

 

  1. Resiko Pasar

Resiko pasar yang dimaksud disini adalah pertimbangan tentang potensi pasar dari peluang usaha yang Anda pilih. Pastikan Anda memiliki kapasitas dan sanggup untuk bersaing dalam usaha tersebut, tidak masalah bila Anda harus banyak bertanya dengan mereka yang telah sukses dibidang yang sama dengan Anda. Perlu Anda pahami bahwa setiap orang memiliki target pasar dan tugas Anda adalah memberikan calon konsumen pilihan alternatif yang menarik dan tidak kalah kualitasnya dengan pesaing Anda.

  1. Resiko Eksekusi

Resiko ini berhubungan dengan kemampuan Anda dalam melakukan survey atau riset serderhana terhadap respon pasar terhadap produk atau jasa yang akan Anda luncurkan. Bila produk atau jasa Anda menargetkan konsumen dari kalangan anak muda maka pastikan produk Anda diluncurkan di tempat yang strategis dan banyak dikunjungi oleh anak-anak muda.

Keempat resiko tersebut merupakan hal-hal yang sebenarnya terukur dan bisa Anda pelajari dari pengalaman, namun sebaiknya kegagalan dalam usaha tidak membuat Anda berhenti untuk meraih peluang usaha yang ada, karena kunci keberhasilan seorang pengusaha sukses adalah keberanian untuk mengambil resiko, kejelian dalam memilih peluang usaha yang tepat, passion (minat) yang besar, dan kemampuan untuk mengontrol dengan baik berbagai resiko usaha tersebut.

Setiap usaha memiliki peluang untuk sukses dan bangkrut dan hal tersebut tidak bisa dihindari, namun perlu Anda pahami bahwa semakin besar resiko sebuah usaha maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda raih, jadi Anda harus terus belajar untuk meminimalisir  resiko usaha yang ada dan jeli memilih peluang usaha.

 

Belajar sb1m yuk